Breaking News
Home >> OTOMOTIF >> Manfaat Mencuci Mesin Mobil

Manfaat Mencuci Mesin Mobil

Menjaga kebersihan kendaraan sudah tentu dilakukan semua orang. Sayangnya, kebanyakan orang hanya membersihkan sektor eksterior dan interior. Padahal mesin yang berada di bawah kap mobil juga wajib dirawat kebersihannya.
Terdapat beberapa keuntungan mesin yang bersih. Keuntungan yang pertama yakni menjaga temperatur mesin agar tetap dingin. Kotoran yang menumpuk akan menahan panas yang dihasilkan mesin dan sulit untuk keluar. Risiko terjadinya kebakaran akibat mesin yang terlalu panas pun bisa terjadi.
Selanjutnya adalah mencegah tumbuhnya karat. Munculnya karat memang tak bisa dihindari, tetapi dengan menjaga mesin tetap bersih setidaknya pertumbuhannya dapat diperlambat.
Selain itu, dengan mencuci mesin Anda akan dapat dengan mudah menemukan adakah kerusakan secara dini. Karena Anda secara langsung menginspeksi kondisi mesin yang berada di bawah kap.
Namun, Anda juga perlu berhati-hati ketika akan membersihkan mesin. Soalnya, area ini dipenuhi perangkat yang sensitif terkena air seperti komponen elektronik.
Pastikan sebelum mencuci Anda menunggu mesin menjadi dingin terlebih dahulu, kemudian bungkus semua komponen elektrik dengan plastik atau kertas aluminium. (otc)