Manfaatkan Teknologi Aplikatif untuk Rakyat Sejahtera


korankaltim
korankaltim
2017-05-19 08:00:26
SAMARINDA - Perlambatan ekonomi masih berlangsung di Indonesia. Kaltim yang kaya sumber daya alam pun terdampak. Selanjutnya pertumbuhan ekonomi masyarakat terus menurun.

Menyikapi permasalahan tersebut, masyarakat ke depan dituntut untuk lebih kreatif dengan mengandalkan potensi komoditas daerah. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi aplikatif, sehingga tidak tergantung lagi dengan sumber daya yang tak dapat diperbaharui.

“Di Kaltim potensi komoditas daerah sangat besar. Apalagi ditunjang dengan teknologi aplikatif. Diyakini masyarakat akan semakin sejahtera, karena mampu berkreasi dengan potensi komoditas daerah melalui teknologi aplikatif yang digunakan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim Dwi Nugroho Hidayanto diwakili Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Dardjat Syahrani usai pembukaan sosialisasi hasil riset teknologi aplikatif berbasis potensi komoditas daerah di Kantor Balitbangda, Kamis (18/5).

Menurut Dardjat, melalui hasil riset yang telah disampaikan sejumlah peneliti di Kaltim terkait dengan teknologi aplikatif dengan meman-faatkan potensi komoditas daerah, diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Karena itu, berbagai riset teknologi aplikatif tersebut diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan ditindak-lanjuti instansi terkait di lingkungan Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota, sehingga mampu dimanfaatkan masyarakat agar lebih kreatif.

“Dengan begitu, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat semakin baik. Contohnya, teknologi aplikatif di sektor perkebunan coklat. Dari perkebunan coklat masyarakat bisa membuat coklat bubuk maupun coklat batang, sehingga bisa dipasarkan," tambahnya.

Potensi lainnya misal buah naga. Buah ini bisa dimanfaatkan menjadi kripik buah naga. Bukan hanya itu, pohon aren gulanya bisa dimanfaatkan menjadi gula aren halus yang dapat dipasarkan ke berbagai tempat. Karena itu pemanfaatan teknologi aplikatif diyakini akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ke depan kelompok-kelompok riset diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan mengarah pada teknologi aplikatif. Artinya, teknologi tersebut dapat langsung diaplikasikan oleh masyarakat sesuai potensi daerah. (jay/sul/adv)

loading...

baca LAINNYA