Published On: Rab, Feb 26th, 2014

Mantan Ketua KPU Tak Hadiri Tes Tertulis

BONTANG- Tahapan awal ujian tes tertulis untuk calon anggota Komisioner KPUD Kota Bontang, Rabu (26/2) mulai dilaksanakan. Untuk ujian tertulis, yang diselenggarakan di Hotel Oak Tree ini hanya diikuti 34 calon anggota KPUD Bontang dari 35 calon yang lolos administrasi. Pasalnya, mantan Ketua KPU Bontang Baidlowi yang kembali mencalonkan diri ternyata, tak hadir dalam tes tertulis, otomatis status sebagai calon anggota KPUD Bontang gugur.
Hal ini dibenarkan Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) KPU Bontang Ririn Sari Dewi. “Tes tertulis cuma diikuti 34 dari 35 calon yang lolos administrasi, jadi cuma satu yang tidak hadir yakni pak Baidlowi, mantan ketua KPUD Bontang. Karena tidak hadir maka dengan sendirinya dia gugur,” ujar Ririn.
Sementara dari pantauan harian ini, dalam ujian tes tertulis seluruh peserta tampak serius mengisi setiap jawaban soal tes tertulis yang dibuat oleh KPU Pusat. Ada 75 soal, menurut salah seorang peserta calon anggota KPU Bontang yang juga mantan anggota KPU Bontang Nursuyata Haslindah dan Andi Ramlan, soal-soal tes tertulis seputar pengetahuan umum dan berhubungan dengan penyelenggaraan pemilu.
Usai tes tertulis, ke-34 peserta calon anggota KPU Bontang, langsung melanjutkan sesi tes rohani, pada pukul 13.00 Wita di RSUD Bontang. Menurut Sekretaris Timsel Ririn Sari Dewi, Hasil jawaban peserta langsung dikoreksi oleh timsel di Hotel Oak Tree, dan lembar soalpun juga langsung dilakukan pemusnahan. Sedangkan untuk pengumuman hasil tes tertulis, akan diumumkan sekalian dengan hasil-hasil asesment lainnya.  “Besok (hari ini, Red) akan dilakukan tes kesehatan yang dilakukan di RSUD. Dari hasil ini diambil 20 besar, kemudian baru di lakukan tes wawancara terakhir untuk memutuskan 10 besar. Setelah itu nama-nama 10 besar akan kita kirim ke provinsi,” jelasnya.
Ririn menambahkan untuk menjadi anggota KPUD selain dituntut tingkat kecerdasan emosianalnya tinggi, harus pintar berkoordinasi, serta sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan manajemen kepemiluan dan sistem politik perundang-undangan.
Sementara untuk tanggapan masyarakat, Ririn mengatakan, hingga saat ini belum ada tanggapan masyarakat terhadap calon-calon anggota KPUD yang masuk ke timsel. (ool)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

Email
Print
WP Socializer Aakash Web