Home >> Samarinda >> Masih Belum Bayar Rp22 Miliar
SISA RP22 MILIAR: Setelah selesai dikerjakan, Jembatan Mahkota II digadang diresmikan oleh Presiden Jokowi tahun depan kendati anggaran proyek belum dilunasi kepada kontraktor.
SISA RP22 MILIAR: Setelah selesai dikerjakan, Jembatan Mahkota II digadang diresmikan oleh Presiden Jokowi tahun depan kendati anggaran proyek belum dilunasi kepada kontraktor.

Masih Belum Bayar Rp22 Miliar

Utang Jembatan Mahkota Tunggu Dana APBD 2017

SAMARINDA – Satu lagi proyek multiyears Pemkot Samarinda yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Samarinda. Mahkota II yang menghubungkan Kelurahah Simpang Pasir, Kecamatan Palaran dengan Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan. Jembatan ini direncakan bakal diresmikan Presiden RI Joko Widodo bersamaan dengan Bandara Samarinda Baru (BSB) di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara awal tahun depan.
Dibalik itu semua, rupanya Pemkot Samarinda masih memiliki beban berupa utang untuk membayar penyelesaian jembatan sepanjang 1.388,5 meter tersebut. “Saat ini kami hanya bisa mengusahakan agar pengerjaannya cepat selesai tapi terus terang anggarannya belum cukup untuk melunasi utang yang ada sehingga pembayarannya akan kami penuhi untuk tahun 2017,” ujar Asisten II Pemkot Samarinda Sugeng Chairuddin.
Sugeng memastikan pembayaran untuk utang pembangunan jembatan yang telah dibangun sejak 13 tahun silam ini akan dibayar menggunakan APBD murni 2017. “Ya dalam peruntukkannya, APBD 2017 memang akan lebih banyak kami fokuskan untuk membayar utang kepada pihak ketiga, termasuk jembatan mahkota II ini,” jelasnya.
Untuk saat ini Pemkot Samarinda masih memiliki beban untuk melunasi utang sebanyak Rp261 miliar. Sedangkan untuk Jembatan Mahkota II, tercatat masih ada Rp22 miliar yang belum dibayarkan Pemkot Samarinda terhadap kontraktor.
“Utang terakhir kita sampai saat ini Rp261 miliar. Namun untuk pembayaran Jembatan Mahkota II belum termasuk kedalam utang senilai Rp261 miliar itu,” sebut Sugeng lagi.
Ia juga berharap, pada waktu peresmian Januari 2017, Presiden RI berkenan hadir untuk meresmikan. “Saat ini kami pun tengah persiapan untuk menguji beban mahkota II dan kami pun berharap Presiden RI langsung yang meresmikan,” tuturnya. (ms315)