Breaking News
Home >> Gadget >> Mastel dan APJII Bikin Ponsel 4G

Mastel dan APJII Bikin Ponsel 4G

JAKARTA – Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bikin gebrakan dengan membesut ponsel 4G yang akan dibagi-bagikan secara gratis.
Perangkat 4G tersebut bernama Digicoop. Kehadiran ponsel ini diperuntukkan sebagai alat komunikasi bagi anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri yang dibentuk oleh Mastel dan APJII.
“Ponsel Ini tidak akan dijual, tapi akan diberikan secara cuma-cuma ketika masyarakat bergabung dengan koperasi,” kata Teguh Prasetya, Ketua Divisi Perangkat Koperasi Digital Indonesia Mandiri di sela acara Indonesia Economy and ICT Outlook 2017, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/12/2016).
Dibanding ponsel besutan vendor global, Digicoop kental sentuhan lokal. Tidak saja dirakit di Tanah Air, ponsel ini disesaki aplikasi besutan developer anak negeri. “Ada aplikasi email, chat dan cloud. Kami juga hadirkan toko aplikasi sendiri. Saat ini punya 10 ribu aplikasi di dalamnya,” jelas Teguh.
Ponsel Digicoop diklaim sudah memenuhi aturan kandungan lokal TKDN. Karena itu, saat dirilis, perangkat ini sudah mendukung koneksi 4G LTE. Rencananya, ponsel hasil kolaborasi Mastel dan APJII ini mulai diproduksi 20 Desember di Cikarang, Bekasi. Tahap awal, akan dibuat 5.000 unit.
“Peluncurannya Januari 2017 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara bersamaan peresmian Koperasi Digital Indonesia Mandiri,” pungkas Teguh saat memperkenalkan ponsel 4G ini kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (dtc)