Breaking News
Home >> Olahraga Daerah >> Masyarakatkan Woodball, Banyak Gelar Event

Masyarakatkan Woodball, Banyak Gelar Event

SAMARINDA – Cabang olahraga woodball mungkin tak familiar di benak pelaku olahraga Kaltim. Maklum, cabor ini baru ada Kaltim. Status pertandingan di event resmi nasional masih berstatus eksibishi. Ini juga menjadui pekerjaan rumah bagi Pengprov Indonesia Woodball Assosiacition (IWBA)Kaltim untuk memasyarakatkannya.
Baru-baru ini, IWBA menggelar kejuaraan Rektor Unmul Cup yang diikuti Samarinda, Balikpapan, Kutim dan Kukar dengan total peserta 198 atlet. Ini menjadi bagian dari sosialisasi untuk mengenalkan olahraga ini kepada khalayak.
Sekretaris IWBA Kaltim, Hasbar menyebutkan selain pembinaan atlet ini juga menjadi salah satu upaya pengenalan di daerah. “Ya selain pembinaan atlet di daerah, juga untuk memasyarakatkan olahraga woodball ini, karena memang selama ini cabang olahraga woodball belum banyak diketahui masyarakat banyak, makanya kami kedepannya akan lebih banyak menggelar event-event seperti ini,” kata Hasbar. Pada kejuaraan itu, ada nomor pertandingan khusus kategori pelajar. Hasilnya, bermunculan bibit atlet di sekolah-sekolah yang potensial. Selanjutnya, sekembali ke daerah mereka diberikan pembinaan lebih lanjut oleh daerah mereka masing-masing.
“Untuk pembinaan juga sudah mulai dilaksanakan oleh pengcab-pengcab di sekolah-sekolah, sehingga kedepannnya kami berharap pembinaan didaerah bisa tetap terus berjalan dengan baik, supaya nantinya kemampuan mereka tetap terasah dan dipersiapkan ke level yang lebih tinggi lagi yaitu tingkat nasional,” terangnya.
Selain pembinaan para atlet woodball, pengprov juga akan mengirimkan 4 orang untuk mengikuti pelatihan wasit/pelatih pada tanggal 27-30 November ini di Semarang, mereka adalah Wahyu Astuti, Lely Ekawati, Guntur Wardoyo dan Abdul Jalil.Dengan begitu nantinya Kaltim memiliki pelatih dan wasit yang bertaraf nasional maupun internasional.
“Artinya, kualitas atlet Kaltim nantinya bisa lebih baik dan kedepannya cabang olahraga woodball ini bisa menjadi andalan, ya mudahan saja dengan program yang telah dirancang, lebih meningkatkan kemampuan para atlet,” pungkasnya. (rgn)