Breaking News
Home >> Headline >> Menteri Jonan Panggil Petinggi Tambang

Menteri Jonan Panggil Petinggi Tambang

Percepat Amandemen Kontrak Karya dan PKP2B

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ingin mempercepat penyelesaian amandemen kontrak karya (KK) dan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara (PKP2B).
Hal ini mengemuka dalam pertemuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan dengan para petinggi perusahaan KK dan PKP2B di Jakarta, Rabu (16/11) malam lalu. Dalam pertemuan itu, Jonan berharap amandemen kontrak diteken sesegera mungkin.
“Dalam pertemuan itu Pak Menteri arahannya adalah renegosiasi bisa dipercepat. Karena memang renegosisasi jalan lama,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK), Sujatmiko seperti dikutip Kamis (17/11).
Untuk itu, Jonan telah instruksikan Dirjen Minerba, Kementerian ESDM, Bambang Gatot bekerja cepat menyelesaikan amandemen kontrak, dimana sejumlah isu dalam kesepakatan memang belum disepakati. Sujatmiko menambahkan, aspek penerimaan negara sampai saat ini masih menuai perdebatan.
“Sekarang yang masih belum bersepakat pada penerimaan negara,” kata dia.
Jonan sebelumnya menyatakan, saat ini persoalan yang mengemuka di sektor tambang, salah satunya berkaitan amandemen KK dan PKP2B. Sejak UU 4/2009 tentang Pertambangan Minerba terbit, pemegang KK dan PKP2B diamanatkan mengubah status jadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK).
Amandemen KK dan PKP2B tercantum dalam pasal 169 UU Minerba. Dalam beleid itu sebenarnya disebutkan penyesuaian kontrak paling lambat setahun.
Amandemen kontrak itu pun sampai sekarang masih jalan di tempat. Ini terjadi lantaran banyak pemilik KK dan PKP2B menganggap bahwa kontrak yang sedari awal diteken wajib dihormati.
Jonan berjanji, berbagai persoalan menyangkut KK dan PKP2B bakal dirampungkan secepat mungkin. “Jadi, memang kontrak-kontrak di minerba itu sudah selesai sebagian, tapi banyak yang belum. Kita akan genjot supaya lebih cepat selesai,” kata Jonan baru-baru ini. (inc)