Home >> Samarinda >> Minggu Lusa, Semua PSK di Samarinda Dipulangkan

Minggu Lusa, Semua PSK di Samarinda Dipulangkan

SAMARINDA – Pemkot Samarinda mulai bergerak memulangkan pekerja seks komersial (PSK) dari dua lokalisasi yaitu Lokalisasi Loa Hui, Loa Janan, Samarinda Seberang dan Lokalisasi Bayur di Sempaja mulai Minggu (4/12) lusa. Mereka akan diberangkatkan ke Balikpapan dimana ada 118 PSK yang akan dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing.
Sebenarnya pemulangan para PSK ini berlangsung sejak tahun lalu, namun tertunda lantaran uang yang akan diserahkan pada para PSK dengan nilai Rp5,5 juta baru digulirkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).
Asisten III Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Ridwan Tasa mengungkapkan keberangkan ke daerah asal akan dilakukan tepat tanggal 5 Desember. “Jadi mereka akan ditempatkan di Asrama Haji untuk diberikan nasehat terlebih dahulu,sedangkan untuk pengamanan, nanti akan dijaga ketat olehpihak kepolisian hingga tiba di Balikpapan,” kata Ridwan.
Hanya saja tidak semua PSK yang akan dipulangkan tersebut berasal dari luar Kaltim sebab beberapa diantara mereka ada yang berasal dari Balikpapan, Paser, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat,
“Bahkan ada pula yang berasal dari Samarinda. Dari 405 PSK yang akan dipulangkan, 170 PSK berasal dari Kaltim. Bahkan yang dipulangkan ke daerah luar Kaltim hanya berjumlah 118 saja. Sebab, masih ada yang terkendala rekening yang belum terselesaikan. Bahkan ada juga yang belum lengkap berkasnya,” jelasnya.
Untuk 74 PSK yang berasal dari Samarinda, hanya akan dipulangkan ke keluarganya saja. Namun, tetap akan menerima uang tersebut. Bahkan, setelah dipulangkan, akan tetap dipantau dan diberikan pelatihan pada para PSK tersebut. “Kemungkinan pelatihannya akan dilakukan di panti sosial, agar mereka bisa benar-benar berganti profesi.
Nanti pemulangannya akan dilakukan secara bertahap,” terang Ridwan
Untuk PSK di Lokalisasi Solong, pihaknya belum bisa memulangkan karena datanya yang belum lengkap, bahkan guliran dana yang belum sampai ke situ. Namun, pihaknya optimis akan memulangkan para PSK tersebut. Menurut dia, Solong merupakan tahap berikutnya yang akan diurus.
“Yang pasti akan dikembalikan ke daerahnya secepatnya. Karena sudah dilakukan rapat koordinasi antara Dinas Sosial seluruh Indonesia. Bahkan mereka sudah siap untuk menyambut kepulangan PSK itu,” pungkasnya. (ms315)