Breaking News
Home >> Planet Football >> Misi Sapu Bersih Seleccao
MENANG SETENGAH LUSIN: Tiga gol disarangkan Andre Silva ke gawang Faroe, membuatnya mencetak hattrick untuk Portugal.
MENANG SETENGAH LUSIN: Tiga gol disarangkan Andre Silva ke gawang Faroe, membuatnya mencetak hattrick untuk Portugal.

Misi Sapu Bersih Seleccao

Kepulauan Faroe 0-6 Portugal

TORSHAVN – 12 gol dalam dua pertandingan yang hanya berselang empat hari tentu pencapaian luar biasa bagi sebuah negara dan itulah yang berhasil dilakukan Portugal pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup B ini.
Setelah menggasak Andorra enam gol tanpa balas, skor yang sama mereka lesakkan ke gawang Kepulauan Faroe di matchday ketiga Selasa (11/10) dinihari kemarin. Di Stadion Torsvollur, gawang Faroe menjadi bulan-bulanan para pemain Portugal. Andre Silva membawa Portugal unggul 1-0 lewat golnya kala laga baru berjalan 12 menit.
Pemain FC Porto itu berhasil mencetak gol kedua sekaligus menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit 22. Silva akhirnya mencetak hattrick di menit 37, sekaligus membawa Portugal unggul 3-0 hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Cristiano Ronaldo membuat Portugal menjauh dengan skor 4-0 lewat golnya di menit 65. Pemain yang mencetak empat gol saat melawan Andorra tersebut, memanfaatkan umpan dari Joao Mario. Di injury time, Portugal berhasil menambah dua gol yang masing-masing dicetak oleh Joao Moutinho dan Joao Cancelo. Portugal pun menutup laga ini dengan kemenangan telak 6-0.
Atas kemenangan ini, Portugal menempati peringkat kedua klasemen Griup B dengan enam poin, atau kalah tiga angka dari Swiss di posisi satu. Sedangkan Kepulauan Faroe berada di peringkat empat dengan raihan empat poin.
Kemenangan telak kedua kali beruntun setelah di laga perdana kalah dari Swiss 0-2 membuat pelatih Portugal Fernando Santos merasa bangga. Namun menurutnya merebut tiket lolos langsung jadi pekerjaan berat. Kini Portugal menempati peringkat dua klasemen Grup B dengan enam poin dari tiga pertandingan. Mereka masih tertinggal tiga angka dari Swiss yang ada di urutan pertama. Sementara di bawah Portugal, Hongaria dan Kepulauan Faroe hanya berjarak dua angka. Dari fase kualifikasi, hanya juara grup yang akan lolos langsung ke putaran final di Rusia pada 2018 mendatang. Sementara tim yang finis runner-up akan menjalani play-off.
Melihat peta persaingan di Grup B, Santos menilai Portugal tak boleh lagi terpeleset. Karena itu, dia meminta Cristiano Ronaldo dkk. untuk menyapu bersih tujuh pertandingan tersisa. “Kami belum meraih tiga poin lebih banyak (melawan Kepulauan Faroe). Kami harus bergantung pada diri kami sendiri,” ujar Santos seperti dikutip dari ESPN FC. “Ruang untuk kesalahan tidak besar. Kami harus memenangi pertandingan sisa kami,” lanjut pelatih Portugal itu.
“Tim lain tidak kehilangan banyak poin. Jika kami tidak kalah, maka saya yakin kami akan finis pertama,” tegasnya. (lbc/mar)