Home >> Kutai Kartanegara >> Misin, Petani Muda Berpenghasilan Ratusan Juta
SUKSES: Misin, petani di Dusun Batu Dinding, Loa Tebu yang berpenghasilan ratusan juta.
SUKSES: Misin, petani di Dusun Batu Dinding, Loa Tebu yang berpenghasilan ratusan juta.

Misin, Petani Muda Berpenghasilan Ratusan Juta

TENGGARONG – Seorang pemuda di Dusun Batu Dinding Desa Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong, Muhammad Suhar-misin berhasil menjadi petani sukses berpenghasilan ratusan juta.
Misin, panggilan akrabnya mengisahkan, ia mulai bertani di Dusun Batu Dinding pada 2011 lalu setelah hijrah dari kampungnya di Sulawesi Selatan.
Misin yang sebelumnya juga merupakan petani di kampung asalnya pertama kali meminjam lahan perusahaan batu bara seluas 1 hektare di Loa Tebu untuk bercocok tanam.
Namun, tak berapa lama, lahan itu kemudian dipakai untuk pembuatan jalan. Misin terpaksa angkat kaki.
Ia kemudian meminjam lahan seorang warga. Namun, begitu lahan itu bersih dan ditanami sayuran, si pemiliknya mengambil lahan itu untuk digarap sendiri.
“Dari hasil bertani selama meminjam lahan, saya mampu membeli tanah 1 hektare. Lahan itu saya kelola dengan ditenami cabai, tomat, mentimun, dan terong. Sampai sekarang lahan saya sudah 5 hektare,” jelas Misin saat di temui di pondoknya.
Misin menjelaskan, lahan seluas 5 hektare itu ditanami beberapa sayuran, seperti mentimun, terong, cabai.
“Kalau mentimun hasilnya bisa Rp300 juta, cabai sekitar Rp200-300 juta, dan terong bisa tembus Rp700 juta,” katanya.
Misin mengaku tidak kesulitan menjual hasil kebun. Ia cukup menelepon pengepul dari berbagai kota.
“Saya punya 40 koleksi nomor telepon pengepul yang berasal dari Kutim, Kubar, Kota Bangun, dan Samarinda. Sebelum dijual, dibandingkan dulu harganya,” jelasnya.
Petani berusia 33 tahun ini mengaku lebih senang menjual hasil kebunnya ke pengepul Samarinda karena selalu dibayar tunai.
Sehari-hari, Misin dibantu dua orang karyawan untuk merawat kebunnya. Sekitar tujuh kar-yawan lain dipekerjakan jika musim panen tiba. “Sehari mereka digaji Rp100 ribu,” terangnya. (ran415)