Mobil Hamilton Rusak karena Oli


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:05:56
SUZUKA - Tim Formula One Mercedes akhirnya menemukan penyebab kegagalan mesin mobil Lewis Hamilton dalam seri Grand Prix Malaysia pekan lalu. Seperti diketahui, dalam balapan di Sirkuit Sepang tersebut Hamilton berada dalam posisi unggul. dan memimpin selama 41 putaran. Namun, nasib sial bagi Hamilton setelah mobilnya berhenti akibat kegagalan sistem pembakaran.

Jumat (7/10) kemarin, pihak Mercedes menyatakan telah menemukan penyebab kerusakan mobil Hamilton tersebut meski belum hasil lengkap. “Analisis kami menunjukkan kerusakan mesin Lewis akibat kegagalan bantalan poros yang besar,” demikian pernyataan Mercedes seperti dikutip dari BBC.

Bukan hanya itu, Mercedes pun tak menutup kemungkinan kerusakan terjadi karena oli. “Kerusakan terjadi tanpa peringatan setelah 618 kilometer dan didahului hilangnya tekanan pada tikungan 15,” imbuh mereka.

Kerusakan mesin yang membuat Lewis Hamilton gagal finis itu berakibat menipisnya selisih dengan rekan satu tim sekaligus rival dalam perburuan titel juara dunia, Nico Rosberg. Kini antara kedua pebalap itu terpaut selisih 23 poin. Untuk meneliti penyebab kerusakan mobil Hamilton, mesin mobil itu dikirim ke markas tim Mercedes di Brixworth, Inggris untuk diteliti.

Akibat kerusakan mobil Hamilton tersebut, Mercedes juga menunda pemutakhiran mesin bagi tim pengguna mesin pabrikan Jerman itu lainnya: Force India, Williams, dan Manor. Bos tim Mercedes Toto Wolff mengatakan pihaknya telah berbicara dengan Hamilton terkait persoalan tersebut. Dia pun mengaku merasakan sakit hati Lewis Hamilton karena gagal finis. “Selain frustrasinya, dia mencoba untuk mengangkat tim, dan kami menghormati dia lebih dari sebelumnya karena itu,” kata Wolff.

Sementara itu, secara berulang-ulang lewat wawancara dengan berbagi media massa, Hamilton menuntut penjelasan dari Mercedes karena ia merasa kerap kali mengalami kegagalan mesin pada musim ini. Protes ini dilontarkan seusai ia gagal balapan di GP Malaysia, Minggu (2/10) lalu. “Pertanyaan saya adalah untuk Mercedes. Kami memiliki demikian banyak mesin, tapi hanya punya saya yang sering kali gagal musim ini,” kata Hamilton kepada BBC Radio 5 Live.

Hamilton pun mengulangi kecurigaanya itu ketika ia diwawancarai oleh Sky Sports. “Saya tak bisa percaya bahwa ada delapan mobil Mercedes dan hanya mesin saya yang menjadi seperti ini,” katanya. “Terasa ada yang tak beres. Ini mesin baru... ini sangat aneh. Ada 43 mesin untuk Mercedes, dan hanya milik saya yang rusa,” ucapnya saat itu. (crc/mar)

baca LAINNYA