Mobil Rongsok Ini Ditaksir Rp 720 Juta


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:00:41
LONDON - Meski dalam kondisi tak terawat dan rusak di sana-sini, mobil klasik tetap memancarkan pesonanya. Tak heran jika banyak kolektor yang rela mengeluarkan ratusan juga bahkan miliaran rupiah untuk mobil kusam, berdebu, bahkan tidak bisa dikemudikan itu.

Sebuah mobil Jaguar E-Type tahun 1964 yang tercampakkan selama 40 tahun di sebuah gudang di kota kecil di Inggris akan dilelang dalam kondisi apa adanya pada 12 Oktober 2016.

Bayangkan, sebuah mobil yang 40 tahun tidak digunakan dan tersimpan di gudang. Catnya sudah kusam dan terkelupas di beberapa bagian, bagian eksterior berkarat, dan mesinnya sudah menjadi sarang tikus. Meski demikian interiornya masih tampak terjaga.

Hal ini bisa dilihat dari kondisi jok,dasbor, dan setirnya yang apik. Mungkin karena kaca jendela E-Type tertutup rapat. Dari penampilannya, Jaguar E-Type ini membutuhkan perbaikan total atau restorasi agar penampilannya seperti sedia kala dan bisa digunakan.

Seperti dilaporkan Classic Cars, mobil ini memiliki pelat PRF 935B dengan resistrasi 1973/74. Odometernya menunjukkan 84.320 kilometer.

Setirnya terdapat di sebelah kanan menandakan mobil ini dibuat dengan spesifikasi lokal Inggris. Jaguar memproduksi 1.798 unit coupe, dan XK-E Seri 1 yang ditemukan ini merupakan salah satunya.

Berdasarkan informasi dari penyelenggara lelang, H&H Classics, pemilik terakhirnya membeli mobil bermesin 3,8 liter ini pada 1970 sebagai hadiah untuk sang istri. Namun setelah beberapa tahun digunakan, tanpa alasan jelas, perempuan tersebut menyimpannya di gudang.

H&H Classics menaksir Jaguar E-Type ini akan terjual antara 35 ribu sampai 45 ribu poundsterling atau Rp565 juta-Rp726 juta dalam lelang yang akan dihelat di Imperial War Museum Duxford di Cambridgeshire. (okc)

loading...

baca LAINNYA