Breaking News
Home >> Planet Football >> Momen Menuju Gelar Juara
KEMBALINYA SANG MANTAN: Datang ke Signal Iduna Park, gelandang Bayern Mats Hummel (kanan) siap menghadapi tekanan fans Dortmund.
KEMBALINYA SANG MANTAN: Datang ke Signal Iduna Park, gelandang Bayern Mats Hummel (kanan) siap menghadapi tekanan fans Dortmund.

Momen Menuju Gelar Juara

Borussia Dortmund   vs   Bayern Munchen

DORTMUND – Ujian berat akan dihadapi Borussia Dortmund di kompetisi domestik usai jeda internasional pekan ini. Ya, De Borussen akan kedatangan pemuncak klasemen sementara, Bayern Munchen, spieltag ke-11 Bundesliga di Signal Iduna Park, Minggu (20/11) dinihari nanti pada partai bertajuk Der Klassiker.
Berada di posisi kelima klasemen sementara dengan 18 poin dari 10 laga, Dortmund wajib mengalahkan rival abadi mereka tersebut kalau tak ingin terlempar dari persaingan papan atas meski kompetisi masih panjang. Tuan rumah tertinggal enam angka dari Bayern yang mengantongi 24 poin, sama dengan Leipzig di posisi kedua, sementara Hoffenheim dan Herta Berlin sama-sama mengemas 20 angka di posisi ketiga dan keempat. itu artinya Bayern memerlukan poin tambahan untuk menghindari gusuran Leipzig.
Dortmund bertekad jadi tim pertama yang bisa mengalahkan Bayern di Bundesliga. “Kami belum lagi mengalahkan mereka di liga untuk waktu yang lama,” kata bek Dortmund Marcel Schmelzer kepada Bundesliga.com. “Semua pemain harus memiliki sebuah hari yang bagus, dan idealnya, Bayern tidak berada dalam performa terbaik mereka. Dengan begitu, sangat mungkin untuk meraih tiga poin dan menang di kandang sendiri,” tegasnya.
Sven Bender, Erik Durm dan Neven Subotic absen bagi tuan rumah karena cedera, namun ada Mario Gotze dan Pierre Emerick Aubameyang yang siap menyulitkan Die Rotten. Laga kali ini, akan menjadi kepulangan pertama Mats Hummels, eks Borussia Dortmund ke Westfalen. Hummels percaya laga ini menjadi momen penting dalam perburuan gelar Bundesliga. “Jika kami kalah, maka banyak tim, termasuk Dortmund, yang akan sangat dekat dengan kami lagi. Karena itu kami harus tampil sebaik mungkin,” sebut mantan punggawa Dortmund ini.
Bayern harus tampil dengan kebugaran terbatas karena hampir semua anak asuh Carlo Ancelotti bermain di pentas internasional membela negara masing-masing. Manuel Neuer cedera usai membela Jerman, begitu pula Kingsley Coman yang cedera engkel dan lutut saat berlatih dengan timnas Prancis. Beruntung Arjen Robben dikabarkan siap tampil kendati sempat cedera saat membela Belanda.
Jerome Boateng pun tak meremehkan Dortmund meski berada di posisj lima klasemen. “Dortmund adalah rival terbesar kami dalam perburuan gelar,” ujar Boateng seperti dikutip dari Soccerway. “Bermain melawan Dortmund selalu menarik. Pertandingan seperti inilah yang diperlukan untuk melihat sampai di mana perkembangan kami,” tegasnya. (lbc/mar)