Home >> Berau - Kubar >> Muda Mudi Gagas Lomba Olah Vokal Lagu Berau
SUASANA lomba karaoke di Talisayan, Sabtu (26/11) malam
SUASANA lomba karaoke di Talisayan, Sabtu (26/11) malam

Muda Mudi Gagas Lomba Olah Vokal Lagu Berau

Cara Talisayan Lestarikan Budaya Daerah

BERAGAM cara dilakukan untuk melestarikan budaya khas Berau. Seperti yang dilakukan masyarakat Talisayan. Sabtu (26/11) malam lalu, mereka menggelar lomba Karaoke. Tidak kurang 40 peserta mengikuti lomba itu, yang didominasi pemuda dan pemudi Talisayan.
Ani, salah seorang peserta Karaoke mengatakan, dia mendukung adanya lomba yang digelar di kampungnya. Selain bisa mengasah olah suara, juga bisa membudayakan lagu daerah yang selama ini mulai tergerus zaman.
“Sangat setuju mas, karena banyak nilai positif yang bisa diambil. Salah satunya, dengan adanya lomba ini, tentu akan banyak masyarakat yang tahu, bahwa di Berau juga ada lagu daerahnya,” kata Ani.
Menurut dia, setiap tahun di Talisayan memang selalu digelar lomba karaoke, beserta busana khas yang menjadi baju tradisional Berau. Setiap kegiatan, selalu ramai diiikuti oleh masyarakat.
“Setiap tahun jumlah peserta semakin banyak. Meskipun saya juga peserta, tapi saya anggap ini bukan persaingan. Saya malah bangga, dengan banyak peserta, artinya lebih banyak yang mengenal lagu daerah Berau,” terang Ani.
Dalam kesempatan itu, pelaksana tugas Camat Talisayan Husdiono, mengapresiasi lomba tahunan itu. “Mayoritas masyarakat di sini adalah pendatang. Tapi bagi saya, orang Berau, masa kita orang Berau tidak mau belajar lagu sendiri,” ungkapnya.
Tahun depan, Husdiono menargetkan, kegiatan semacam itu, bisa lebih banyak lagi diikuti masyarakat pesisir lainnya, seperti yang tinggal di Batu Putih dan Bidukbiduk.
“Saya beraharap, agar tahun depan animo masyarakt bukan hanya dari kecamatan Talisayan saja. Yang lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini,” demikian Ani. (mh216)