Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Muharram: Jangan Maunya Kerja Kantoran

Muharram: Jangan Maunya Kerja Kantoran

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Muharram menekankan tiga hal yang perlu dilakukan di dunia kerja untuk membangun daerah. Ketiga penekanan itu diantaranya selesaikan masalah sendiri, ciptakan lapangan kerja dan melakukan inovasi serta gagasan baru. Dengan adanya tiga hal itu, dunia kerja akan berkontribusi dalam kemajuan daerah.
Ia menjelaskan, untuk persoalan menyelesaikan masalah sendiri, orang-orang yang berada dalam usia kerja, harus mampu mendapatkan pekerjaan. Ia menilai, dengan potensi yang dimiliki Berau salah satunya bidang perkebunan, tentu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
Namun yang menjadi tanda tanya bagi Muharram, jika masih ada pengangguran dengan potensi yang cukup besar yang dimiliki BErau. Orang-orang seperti itu kata dia, merupakan orang yang bermasalah dan harus diberikan pemahaman lagi.
“Kita harus sesuaikan dengan bidang ilmu kita. Jangan juga kita selamanya berharap bekerja di kantor, sebagai mandor atau pegawai tapi bagaimana untuk membuka peluang sendiri. Lahan luas, tinggal pengelolaan saja yang harus kita pikirkan. Dan itu kan sudah kita dapatkan di bangku sekolah,” tegasnya.
Muharram mencontohkan seperti yang bisa terlihat saat ini, perkebunan sahang sedang naik daun dengan harga yang relatif tinggi. Hanya dengan mengelola lahan-lahan ini saja, para tenaga kerja yang menganggur ini pasti memiliki penghasilan yang tinggi.
“Coba kita hitung, untuk 1 kilogram sahang Rp 140 ribu. Jika kita memiliki lahan 1 hektare saja, dan setelah panen dalam satu tahun mendapat 2500 turus, bisa dikalikan berapa pendapatan kita itu. Rata-rata Rp 20 juta bisa kita hasilkan, kalah jumlah gaji pokok saya. Jadi tidak perlu kita pusing mau kerja di perusahaan mana, kalau bisa kita buka sendiri kan,” ujarnya.
Kemudian menurutnya, dunia kerja ini harus mampu menciptakan peluang lapangan kerja. Ini merupakan pemikiran jangka panjang yang harus mulai diterapkan. Menurutnya, harus ada peluang-peluang yang diciptakan untuk membuka investasi.
“Misalnya kebun kita itu sudah luas, kan bisa menarik karyawan lagi. Ini tentu menjadi solusi untuk mengurangi pengangguran juga,” tegasnya. (sam)