Home >> Berau - Kubar >> Muharram: Talisayan Perlu TPI, Ajukan ke Musrenbang

Muharram: Talisayan Perlu TPI, Ajukan ke Musrenbang

TANJUNG REDEB – Bupati Muharram angkat bicara soal keluhan warga kampung Talisayan, tidak memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Muharram meminta warga untuk mengusulkannya dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).
“Kalau memang masyarakat nelayan di Talisayan perlu TPI, maka silakan ajukan di Musrenbang,” kata dia.
Muharram tidak menampik, TPI memang diperlukan bagi masyarakat, dan Camat Talisayan diharuskan untuk menyampaikannya melalui Musrenbang. Muharram sendiri rencananya akan memanggil dinas terkait, untuk membicarakan permintaan masyarakat nelayan Talisayan.
“Tentu dengan adanya TPI akan lebih mudah mengontrol pendapatan ikan Di Talisayan. Mungkin setelah Musrenbang ada pengajuan, akan memudahkan kami untuk mengusulkannya,” terang Muharram.
Seperti di beritakan sebelumnya yakni sebagian besar masyarakat Talisayan, berprofesi sebagai nelayan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan hasil ikan yang melimpah, tidak jarang mereka kirim ke daerah Samarinda, Tenggarong dan juga Tanjung Redeb. Namun demikian, hasil tangkapan mereka, tidak diimbangi dengan adanya TPI, yang memudahkan warga untuk menimbang hasil tangkapan mereka. Sehingga hanya dermaga sederhana yang dijadikan mereka untuk mengangkut hasil ikan.
Imbasnya, antrian mobil di pinggir jalan, membuat arus lalu lintas terganggu, Menurut Kepala Kampung Talisayan, Yamsir yang ditemui media ini beberapa waktu lalu, saat ini memang warganya memerlukan TPI, lantaran warga nelayan kesulitan apabila ingin menempatkan hasil ikan tangkapan mereka.
“Jelas, jika tidak ada TPI, arus lalu lintas terganggu, karena antrian mobil yang cukup panjang untuk mengambil ikan, dari nelayan yang akan di kirim ke daerah lain,” ujarnya.(mh216)