Home >> Sportainment >> Murray Tetap Nomor Satu
NUMBER ONE: Andy Murray dengan trofi ATP Tour yang didapatkannya usai mengalahkan Novak Djokovic pada laga final kemarin.
NUMBER ONE: Andy Murray dengan trofi ATP Tour yang didapatkannya usai mengalahkan Novak Djokovic pada laga final kemarin.

Murray Tetap Nomor Satu

LONDON – Andy Murray berhasil mengalahkan Novak Djokovic di laga pemungkas Final ATP 2016. Selain memutus dominasi Joker di turnamen itu, trofi FInal ATP membuat Murray mengunci predikat Nomor 1 hingga setidaknya akhir tahun.
Djokovic, peraih lima gelar di Final ATP gagal melanjutkan dominasinya di turnamen tersebut setelah takluk dengan stright sets, 6-3, 6-4 di O2 Arena, London, Senin (21/11) kemarin. Dalam empat tahun terakhir, Joker selalu memenangkan trofi bergengsi di sana. Kekalahan tersebut juga membuat Djokovic gagal mendekati rekor enam gelar beruntun Roger Federer di Final ATP.
Bagi Murray, gelar di Final ATP tidak hanya mengamankan posisinya sebagai petenis nomor 1 dunia. Namun, gelar tersebut memuatnya mencetak tahun terbaik dalam karier tenis profesionalnya.
Kemenangan tersebut merupakan yang ke-24 secara beruntun tahun ini. Menurut catatan sejarah, Murray merupakan petenis ke-17 yang menutup musim dengan mengawinkan trofi Final ATP dan predikat nomor 1 dunia. Sejak 2004, hanya empat petenis yang mampu melakukannya, Roger Federer, Rafael Nadal, Djokovic dan yang terakhir adalah Murray.
“Tentu saja saya ingin berusaha untuk terus bertahan di posisi ini. Membutuhkan usaha besar untuk sampai ke posisi ini dalam lima enam bulan terakhir. Tentu saja saya ingin bertahan,” kata Murray. “Saya sadar itu akan sangat sulit karena tahun ini saya punya tahun yang bagus. Saya cuma bisa melakukannya dengan menjalani pertandingan satu demi satu,” sebutnya.
Petenis 29 tahun asal Skotlandia tersebut juga menyadari para petenis generasi di bawahnya akan terus berusaha mendobrak masuk ke papan atas dan dirinya sebagai petenis teratas bakal jadi bidikan utama mereka.
Kemenangan Murray menghentikan raihan empat kejayaan beruntun Djokovic di ATP World Tour Finals. The Joker –julukan Djokovic– juga harus mengubur mimpinya menyamai Roger Federer yang enam kali menjadi kampiun turnamen ini.
Djokovic mengomentari penampilan Murray dan menyatakan kompetitornya tersebut memang layak untuk menjadi petenis nomor satu dunia. “Andy layak menjadi petenis nomor satu di dunia. Dia pantas menang, dan ia adalah pemain terbaik. Pada saat-saat yang menentukan, saya tidak bisa kembali. Saya bermain lebih baik di akhir pertandingan, tapi itu tidak cukup,” sesal petenis Serbia. (sdc/mar)