Nama Jaang Dijual untuk Minta Uang

0
1

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang nyaris menjadi korban penipuan lewat media sosial (Medsos) Facebook (FB) dengan modus membuat akun palsu FB direktur utama Bank Kaltim Zainudin Fanani.
Hal ini terungkap ketika walikota Samarinda mengkonfirmasi ke Zainudin saat menghadiri resepsi Ulang Tahun Bank Kaltim di kantor pusat Bank Kaltim, kemarin. Jaang dengan polosnya bertanya ke Zainudin bahwa belum sempat memberikan no PIN BBM ke Zainudin yang diminta lewat chatting FB beberapa waktu lalu.
Namun dengan seketika Zainudin menyebut tidak pernah meminta PIN BBM Jaang. Akhirnya terungkaplah ada akun palsu Zainudin. Jaang pun langsung memperlihatkan percakapan di chatting FB antara Jaang dengan akun palsu.
“Macam macam aja akal bubuhannya ini. Untung belum terlalu jauh percakapan saya dengan akun palsu itu. Mungkin nanti minta tolong ini, itulah,” tutur Jaang sambil memperlihatkan akun palsu Zainudin.
Oleh karena itu, Jaang menghimbau agar tidak mudah terperdaya kalau ada kekawalan minta tolong melalui chating FB. “Kalau memang kita mau membantu, langsung ketemu langsung aja. Supaya tidak ada yang jadi korban. Kalau seperti inikan, nama Pak Zai jadi tercemar,” ucap Jaang.
Zainudin mengatakan memang tidak melakukan chating dengan walikota. Dengan adanya akun palsu itu, ia meminta tim IT-nya untuk segera menyikapi persoalan akun palsu dirinya.
“Saya juga mengimbau kepada seluruh nasabah, mitra perbankan, mitra pengusaha, jajaran pegawai, pejabat agar tidak percaya dengan chating FB akun Zainudin palsu yang minta ini itu, dan nawarkan ini itu. Jangan dihiraukan,” pesan Zainudin. Kalau perlu lanjutnya, jika menemui itu agar dijebak saja sehingga bisa ditemukan pelakunya. “Tapi, tim IT kita juga akan menyikapi ini,” pungkasnya. (mar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here