Dipublish: 30 Juli 2013, 17:07

Nihil Formasi CPNS Lulusan SMA

NUNUKAN - Ribuan pencari kerja di Kabupaten Nunukan terpaksa memupuskan impiannya untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini. Yang bisa hanya mereka yang berlatar pendidikan guru. Itupun tidak mudah, karena kuota yang tersedia sangat sedikit dan harus bertarung dengan ribuan calon lainnya. Pasalnya, formasi yang disetujui oleh pemerintah pusat untuk formasi  CPNS 2013 Kabupaten Nunukan hanya 142 kursi yang diprioritaskan untuk formasi tenaga Kesehatan dan tenaga pendidik.
Informasi yang diperoleh Koran Kaltim, Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik hanya mendapat kuota yang sangat terbatas. Itupun hanya untuk formasi tenaga pendidik atau guru. Sementara, para pencari kerja di Kabupaten Nunukan terbanyak justru di dua daerah ini, termasuk para lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat.
Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Nunukan, Syafaruddin, kepada Koran Kaltim  mengatakan, formasi CPNS Nunukan 2013 didominasi  tenaga guru dan kesehatan. “Informasi ini baru saya dapatkan dari Jakarta,” tegas Syafaruddin, kemarin.
Syafaruddin menambahkan, para  lulusan SMA diharapkan bersabar. Jatah CPNS untuk Nunukan sebanyak 142 orang, tidak membuka formasi lulusan SMA. “Kami minta pihak BKDD Nunukan, dapat mengajukan kembali  kouta untuk lulusan SMA. Karena sebagian besar masyarakat Nunukan, hanya mengantongi ijazah SMA, untuk S1 masih sedikit,”pinta Arianto Warga Nunukan Barat.
Sekretaris Pemuda Akar Rumput (PAKAR) Nunukan ini meminta, tenaga SMA juga masih sangat dibutuhkan oleh Pemda. Sehingga itu semua perlu dipertimbangkan dan dikaji kembali.
Syafaruddin menegaskan, formasi CPNS 2013 ini sudah tak dapat diganggu gugat. “Tahun ini tidak ada kuota untuk SMA. Semua keputusan di Pemerintah Pusat,” kata Syafaruddin. (Dia413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger