Published On: Jum, Mar 29th, 2013

Nunukan Siapkan Beasiswa Rp2 Miliar

Pengajuan Permohonan hingga 31 Juli 2013

NUNUKAN- Pemkab Nunukan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab mengalokasikan dana sekitar Rp2 miliar untuk program bantuan Beasiswa Gerbang Emas Cerdas 2013. Beasiswa ini untuk pelajar dan mahasiswa Nunukan. Pengajuan berkas permohonan beasiswa dibuka hingga 31 Juli mendatang.

Beasiswa diberikan dalam dua kategori yakni berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa prestasi diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik seperti prestasi luar sekolah dengan menjadi juara dalam suatu perlombaan.

“Bantuan beasiswa ini diberikan bukan hanya untuk warga kelahiran Nunukan saja, tapi juga kepada warga yang tinggal di Nunukan dan sudah memiliki KTP Nunukan,” kata Kepala Bagian Kesra, Setkab Nunukan, Slamet Riyadi kepada Koran Kaltim, beberapa hari lalu.

Pemkab mengalokasikan 426 siswa penerima beasiswa prestasi akademik untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sederajat, 141 siswa jenjang sekolah menengah pertama (SMP), 63 siswa jenjang sekolah menengah umum (SMU).

Sementara beasiswa prestasi non akademik dialokasikan untuk 53 pelajar, masing-masing 26 untuk prestasi tingkat kabupaten, 15 orang tingkat provinsi, 9 orang tingkat nasional dan 3 orang untuk tingkat internasional.

“Setiap sekolah mengajukan enam orang untuk diberikan beasiswa, karena sekolah yang mengetahui kondisi siswa-siswanya,” ujarnya.

Untuk beasiswa mahasiswa, kategori prestasi diberikan dengan syarat memiliki nilai IPK minimal 3,00. Sedangkan untuk kategori kurang mampu memiliki nilai minimal IPK 2,75. Khusus untuk beasiswa mahasiswa kedokteran, dialokasikan hanya untuk 10 orang. Penerima diikat perjanjian harus mengabdi kembali ke Nunukan setelah lulus. (kh)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web