Home >> Akademika >> Olahraga dan Seni Jadi Andalan SMAN 01 Loa Kulu

Olahraga dan Seni Jadi Andalan SMAN 01 Loa Kulu

Didukung Fasilitas Lengkap

TENGGARONG – Bagi masyarakat di Loa Kulu, Sekolah Menengah Atas Negeri 01 (SMAN 01) Loa Kulu merupakan salah satu SMA negeri yang cukup bergengsi mengingat besarnya wilayah Kecamatan Loa Kulu. Bagaimana tidak, dengan nilai akreditas A yang dipegangnya, sekolah ini terus memperbaiki kualitas anak muridnya.
Memiliki murid sekitar 680 orang, sekolah ini terus melakukan proses belajar yang cukup menarik dengan fasilitas yang cukup memadai.
“Kami mempunyai fasilitas seperti lapangan futsal, voli, basket, perpustakaan dan laboratorium yang bisa digunakan oleh murid – murid kami,” ujar Siwa Jihatanadi, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Loa Kulu kepada Koran Kaltim Rabu (23/11).
SMAN 1 Loa Kulu secara rutin mengadakan kegiatan yang bersifat non akademik. Siwa menjelaskan bahwa pihak sekolah sering mengadakan lomba futsal antar kelas. “Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada saat ulang tahun sekolah. Ini demi membangun dan meningkatkan kesehatan murid, selain itu juga untuk membentuk rasa persaudaraan, membentuk bibit atlit sejak dini serta sifat fair play,” tuturnya.
Untungnya, selama ini belum ada perkelahian yang terjadi pada saat lomba. “Jika ada yang berkelahi akan kami bubarkan. Pihak sekolah tak akan mengadakan lagi kegiatan tersebut sampai ada perbaikan sikap antar murid,” katanya.
Sementara untuk kegiatan yang bersifat akademik, pihak SMAN 01 Loa Kulu juga rutin mengadakan lomba cerdas cermat antar kelas setiap ulang tahun sekolah. “Umumnya kami melakukan kegiatan lomba akademik maupun non akademik itu minimal tiga kali setahun,” ujarnya.
Berkat mengadakan kegiatan rutin tersebut, beberapa murid sempat meraih prestasi di ajang yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara. “Pada kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diadakan Dinas Pendidikan Kukar, siswa kami meraih Juara satu untuk lompat jauh dan seni silat,” ujarnya.
Selain itu ada beberapa prestasi lain yang diraih siswa dan siswi SMAN 01 Loa Kulu yaitu, Juara satu untuk kategori seni kriya putri, juara 3 untuk kategori seni gitar akustik pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang juga diadakan oleh Dinas Pendidikan Kukar.
Prestasi diatas masih belum sepenuhnya menjelaskan prestasi siswa dan siswi di SMAN 01 Loa Kulu. Masih ada banyak lagi di bidang akademik dan non akademik. Saat ditanya mengenai persiapan SMAN 01 Loa Kulu terhadap ujian nasional yang semakin mendekat, Siwa mengatakan akan mengadakan bimbingan belajar rutin. “Kami akan mengadakan bimbingan belajar secara rutin. Rencananya akan diadakan pada Januari 2017 nanti sampai April dengan mata pelajaran yang berbeda – beda setiap harinya,” jelasnya.(ted1116)