Ujian Perdana Tuan Rumah


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 months ago     1.585 kali
img PERCAYA DIRI: Striker Rusia Fyodor Smolov (kiri) saat uji coba terakhir kontra Chile. Pemanasan sebelum ke Piala Dunia 2018 akan dilewati Rusia dengan berkompetisi di Piala Konfederasi 2017.

ST PETERBURG – Piala Konfederasi 2017 bergulir lagi di Rusia mulai hari ini hingga  3 Juli mendatang.  Inilah ajang sepakbola yang disebut sebagai Piala Dunia Mini dimana ada 8 tim yang bertarung dibagi dalam dua grup untuk jadi yang terbaik dan tuan rumah Rusia di Grup A akan memulai langkah mereka menghadapi tim medioker, Selandia Baru di Stadion Krestovskyi Sabtu (17/6) malam nanti sekaligus ujian perdana Tim Beruang Merah.

Performa Rusia jelang laga ini cukup bagus. Ditangani pelatih anyar Stanislav Cherchesov setelah pemecatan Fabio Capello pada Agustus 2016, Rusia sempat kalah dari Pantai Gading namun menang melawan Hungaria, juga berhasil menahan imbang Belgia 3-3 dan Chile 1-1.

Wajar kalau Cherchesov percaya diri anak asuhnya bisa memberikan tiga angka perdana. “Bermain sebagai tuan rumah tentu memberikan keuntungan bagi kami, tapi kami harus tetap waspada dengan Selandia Baru karena kami belum tahu persis kekuatan mereka,” kata Cherchesov.

Sang pelatih diperkirakan tidak mengubah komposisi tim laga imbang melawan Chile beberapa waktu lalu, tetapi formasinya mungkin menjadi 3-5-2. Melawan Selandia Baru tentu Rusia lebih percaya diri untuk tampil menyerang terlebih skuat Rusia dihuni pemain-pemain top Eropa seperti  striker Leeds United Chris Wood, gelandang Marseille Bill Tiloma dan bek Sunderland Sam Brotherton. Selain itu ada  Igor Akinfeev, Yuri Zhirkov dan Fyodor Smolov. Skuad ini, dengan lini pertahanan yang solid, seharusnya lebih dari cukup untuk mengatasi Selandia Baru.

Kendala yang dihadapi Rusia adalah kurang terasahnya kemampuan tim karena seiring dengan penunjukkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, mereka lolos otomatis sehingga tak melewati kualifikasi seperti negara lainnya. Meski begitu Cherchesov berharap performa anak asuhnya tidak menurun. 

Sementara Selandia Baru jelang tidak diunggulkan di laga ini apalagi mereka dalam dua laga persahabatan terakhir kalah, 1-0 dari Irlandia Utara dan Belarusia. Beruntung mereka pada kualifikasi Piala Dunia menang melawan Fiji serta menahan imbang Amerika Serikat saat laga persahabatan. Berstatus juara Oceania Football Confederation (OFC) Nations Cup, Selandia Baru tidak ingin hanya menjadi tim pelengkap. “Kami pergi ke turnamen ini ingin melakukan sesuatu yang signifikan, yakni melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan Selandia Baru dan itu adalah memenangkan permainan di turnamen ini,” ujar pelatih Selandia Baru, Anthony Hudson..

Piala Konfederasi dijadikan kesempatan Selandia Baru untuk mendapatkan perhatian dunia. Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh gelandang serang All Whites, Clayton Lewis, yang saat ini memperkuat Auckland City FC. “Piala Konfederasi adalah sebuah event besar. Hanya ada satu turnamen yang lebih besar dan itu adalah Piala Dunia, jadi turnamen ini merupakan peluang bagus untuk mengekspos diri,” kata Lewis (bbc)




loading...

baca LAINNYA