Selasa, 08/08/2017

Kenali Masa Kedaluarsa Sepatu Olahraga

Selasa, 08/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kenali Masa Kedaluarsa Sepatu Olahraga

Selasa, 08/08/2017

Membeli sepatu kets baru, baik untuk lari, angkat beban, maupun latihan, ibarat mengganti oli di mobil Anda. Ya, ibarat oli, umur dari kenyamanan sepatu olahraga umumnya bergantung pada lamanya penggunaan atau jarak yang ditempuh, dan meski sepatu lama masih terlihat bagus, namun sepatu yang tak lagi terasa nyaman dapat mempengaruhi performa secara keseluruhan.

“Memiliki sepasang sepatu yang solid cukup penting demi kesehatan kaki Anda. Walau sepatu lama masih bisa dipakai, namun efek jangka panjangnya tentu tidak sesehat saat kaki Anda menggunakan alas yang layak,” kata Ben Sweeney, pelatih olahraga di Brick New York.

“Saat sepatu Anda mulai ‘aus’, pijakan untuk kaki Anda menjadi datar dan datar. Kondisi ini lebih mudah menyebabkan stres pada kaki dan pergelangan kaki yang menyebabkan perubahan gaya berjalan yang akhirnya meningkatkan risiko cedera. Walau tak menyebabkan cedera secara langsung, namun sepatu yang sudah kadaluarsa tetap meningkatkan risiko cedera kaki.”

Jadi, sangat baik bila Anda mulai mengenali kapan baiknya sepatu olahraga perlu diganti. Berikut panduannya:

Sepatu Lari (Running)

Umur sepatu: Kenyamanan optimal sepatu lari dapat bertahan hingga jarak tempuh 725 kilometer. Sekitar 6 bulan untuk pelari elit atau sekitar 1 tahun lebih untuk pelari moderat.

Tanda kadaluarsa: Walau jarak tempuh dapat menjadi patokan, namun ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kenyamanan sepatu. “Pelari dengan tubuh yang lebih berat bisa ‘merusak’ sepatunya lebih cepat ketimbang pelari ringan,” Ted Fitzpatrick, direktur produk alas kaki di Reebok.

Angkat beban (Weightlifting)

Umur sepatu: Kira-kira sekitar 12 bulan.

Tanda kadaluarsa: Anda mungkin tidak melihat kerusakan substansial pada sol sepatu angkat berat, tapi bagian atas sepatu umumnya akan kehilangan topangan. Karena sepatu yang digunakan untuk angkat berat kerusakannya tidak sedramatis sepatu lari atau latihan, sepatu ini umumnya akan lebih tahan lama. Saran Joe Nguyen, merchandiser senior di Asics,

Latihan (Training)

Umur sepatu: Kira-kira 6 bulan untuk penggiat gym (3 kali seminggu) dan satu tahun untuk pemakaian seminggu sekali.

Tanda kadaluarsa: Seperti sepatu lari, sepatu latihan akan memiliki tanda-tanda kadaluarsa pada bagian atas dan sol. Latihan seperti melompat dan melibatkan banyak gerakan lateral, membuat lapisan pelindung pada alas menjadi mudah pecah dan robek. (kcm)

Kenali Masa Kedaluarsa Sepatu Olahraga

Selasa, 08/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.