Selasa, 05/09/2017

Hanya Ada 3, Ini Paspor Paling Langka di Dunia

Selasa, 05/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Hanya Ada 3, Ini Paspor Paling Langka di Dunia

Selasa, 05/09/2017

logo

Paspor tentulah bukan satu dokumen asing, apalagi untuk para pegiat traveling. Buku pengganti identitas selama berada di luar Indonesia ini pastinya memegang peran esensial. Selain dikategorikan mana yang paling kuat, tahukah kamu kalau ada juga paspor paling langka di Bumi?

Sebagaimana dimuat mirror.co.uk yang dikutip Senin (4/9/2017), adalah Sovereign Military Order of Malta, paspor yang pernah dikeluarkan hanya untuk tiga petinggi Katolik di abad pertengahan, yakni grand master, wakil grand master, dan kanselir.

Pemerintahan yang punya sebutan lengkap The Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta ini disebutkan berasal dari Crusader Knights Hospitaller pada tahun 1099. Mereka kehilangan Pulau Malta pada tahun 1800. Sejak saat itu, pulau yang berada di tengah Laut Mediterania itu mengeluarkan prangko, mata uang, dan paspornya sendiri. Jadi, secara otomatis, tak ada lagi The Sovereign Military Order of Malta yang diterbitkan. Meski langka, sayangnya paspor ini tak bisa digunakan untuk pergi jauh.

Berdasarkan laporan Business Insider, tak sedikit negara, termasuk Amerika Serikat, Britania Raya, dan Selandia Baru yang menolak paspor tersebut. Tak diberlakukannya izin masuk itu dikatakan berkaca dari hukum yang berlaku di satu negara.

Selain paspor, ketiga orang itu juga diberikan keistimewaan untuk mencetak nama pada plat nomor, perangko dan uang koin di The Sovereign Military Order of Malta. Secara resmi, Orde Katolik merupakan salah satu lembaga tertua di dunia Kristen.(bc)

Hanya Ada 3, Ini Paspor Paling Langka di Dunia

Selasa, 05/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.