Kamis, 07/09/2017

Bayi ASI akan Lebih Gampang Makan Sayur

Kamis, 07/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Bayi ASI akan Lebih Gampang Makan Sayur

Kamis, 07/09/2017

logo

Mengajarkan anak untuk menyukai sayur-sayuran dan buah bukan perkara murah bagi sebagian besar orangtua. Namun, hal itu bisa disiasati sejak bayi masih di kandungan dan mendapatkan ASI eksklusif.

Bila ibu rajin mengonsumsi sayuran selama hamil dan menyusui, maka bayi jadi terbiasa  mengecap rasa sayuran melalui air susu ibunya.

Dilansir dari laman Independent.co.uk peneliti dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menyimpulkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI cenderung akan lebih menyukai sayuran dan buah di kemudian hari.

Ketika bayi mulai diperkenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan, rasa sayuran mungkin terlalu kuat bagi mereka. Namun, jika bayi mendapat ASI, rasa sayuran tidak akan terlalu mengejutkan bagi lidahnya.

"Setiap pengalaman indrawi setiap bayi unik, tapi rasa makanan pertama mereka sejak di kandungan sangat tergantung pada apa yang dimakan ibunya," kata Julie Mennella, penulis studi utama dan seorang biopsikologi.

Menurut dia, ASI adalah cara terbaik untuk memperkenalkan bayi pada sayuran dan buah sedini mungkin. Jika ibu memang penyuka sayuran, maka bayi juga akan mengenal rasanya melalui cairan ketuban dan kemudian air susu ibunya.

Dalam penelitiannya kepada 97 ibu hamil, para periset meminta mereka untuk meminum jus seledri atau jus wortel, kemudian mereka melacak kebiasaan makan anak-anak mereka saat mulai mendapat makanan padat.

Dalam penelitian tersebut, para wanita dibagi menjadi lima kelompok, tiga kelompok diminta rutin mengkonsumsi setengah cangkir jus sebulan sebelum menyusui, kelompok kedua yang mulai meminum jus sayuran saat bayi mereka berusia 2 minggu, dan satu lagi kelompok ketiga yang minum jus sayuran saat bayi mereka berusia 6 sampai 10 minggu.

Kelompok keempat, sang ibu yang minum jus selama tiga bulan, dimulai saat bayi mereka berusia dua minggu. Kelompok kelima adalah yang sama sekali tidak minum jus.

Ketika bayi-bayi mereka mulai makan makanan padat pada usia delapan bulan, mereka diberi sereal tanpa rasa (plain), sereal rasa wortel atau sereal rasa brokoli.

Hasilnya, para periset menemukan bahwa bayi-bayi yang ibunya minum jus lebih menyukai sereal rasa wortel dari pada sereal plain atau yang rasa brokoli.

Bayi yang ibunya mulai minum jus lebih awal, anaknya justru lebih banyak mengkonsumsi sereal rasa wortel dan lebih cepat juga beradaptasi dengan rasa sayuran. (kdc)

Bayi ASI akan Lebih Gampang Makan Sayur

Kamis, 07/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.