Rabu, 18/10/2017

Sebaiknya Apel Tak Dimakan Beserta Kulitnya?

Rabu, 18/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Sebaiknya Apel Tak Dimakan Beserta Kulitnya?

Rabu, 18/10/2017

logo

Mengonsumsi apel memang praktis, karena tak perlu memotong atau mengolahnya menjadi jus. Walau kandungan serat dalam apel juga terdapat pada kulitnya, tapi, apel direkomendasikan dikonsumsi tanpa kulitnya.

“Saya tidak menganjurkan orang makan apel dengan kulitnya, kecuali apel organik,” kata Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman dalam acara “Jelajah Gizi 2017” di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2017).

Ia menjelaskan, dalam kulit apel terkandung lilin yang berguna agar apel tetap terlihat segar dan tidak mudah busuk dalam proses pengiriman. Selain itu, kulit apel juga mengandung residu pestisida.

“Terutama apel impor, yang ditambahkan bukan satu jenis, ada lilin dan pestisidanya,” katanya.

Lilin dalam apel sebenarnya berbeda dengan lilin biasa, karena merupakan “food grade” sehingga aman dikonsumsi.

Sementara untuk apel lokal, seperti apel Malang, dia meyakini tidak menggunakan pestiaida dan lilin. Namun, Ahmad tetap menganjurkan untuk mengupas dulu kulit apel sebelum dikonsumsi untuk menghindari residu pestisida dan juga paparan kuman dari pupuk di tanah.

“Serat apel bukan hanya di kulit. Selain itu kalau ingin dapatkan banyak serat, lebih baik dijus,” katanya. (kcm)

Sebaiknya Apel Tak Dimakan Beserta Kulitnya?

Rabu, 18/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.