Senin, 30/10/2017

Stres Picu Keretakan Hubungan dengan Pasangan

Senin, 30/10/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Stres Picu Keretakan Hubungan dengan Pasangan

Senin, 30/10/2017

logo

ILUSTRASI

APAKAH anda sedang stres saat ini? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Berdasar penelitian, stres di dunia pekerjaan sudah merasuk ke sendi-sendi kehidupan pribadi kita, dan itu mengancam kelanggengan hubungan dengan pasangan kita. Penelitian menunjukan bahwa konflik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi faktor perusak nomor satu hubungan pasangan hidup manusia. Mengapa bisa terjadi?

Peneliti Amie M. Gordon, Ph.D. menjelaskan stres membuat orang menarik diri dan merasa kurang diperhatikan. Stres juga dijelaskan sebagai kondisi psikis merespon sebuah tekanan dan juga berpengaruh terhadap anggota tubuh secara fisik serta pikiran. 

Psikolog asal Amerika ini menambahkan bahwa orang stres akan merasa tidak mempunyai ‘me time’, dan merasa diasingkan oleh pasangannya. “Kondisi stres yang berlarut akan membuat hubungan pasangan menjadi dangkal, lalu hubungan akan saling menjauh, dan rentan perselisihan,” kata Gordon.

Gordon menambahkan bahwa dalam kondisi stres, kita lebih sering melihat yang buruk dari pasangan kita. Stres membuat logika kita tidak berjalan, dan cenderung untuk curiga akan semua hal. Hal tersebut membuat konflik antar pasangan lebih sering terjadi. Dan saat bertengkar, orang stres tidak akan bisa mendengarkan dengan cermat dan baik. Terjadilah kesalahpahaman yang memicu pertengkaran.

Perlu diketahui juga, stres menjadi racun bagi hubungan pasangan yang dangkal. Karena pasangan dengan kualitas hubungannya buruk, akan lebih terpengaruh dibandingkan dengan pasangan yang memiliki hubungan lebih stabil. Bagi pasangan yang stabil, mereka dapat melihat permasalahan dan mencari solusinya, meski permasalahan tersebut tidak terjadi dalam hubungan mereka.

Bagaimana mengatasinya?

Untuk menghadapi stres dalam diri, Gordong menyarankan untuk mengenali rasa stres terlebih dahulu. Apakah tergolong stres ringan atau berat. Kemudian mencoba mencari cara untuk meningkatkan emosi positif dalam diri kita. Semisal dengan mendengarkan lagu favorit.

Lalu, redam kemarahan dengan mencari suasana berbeda yang lebih mendinginkan, misal jalan jalan sore. Setelah itu, jaga kebugaran dan kesehatan karena stres sering membuat orang lupa beristirahat dan melakukan hal hal bodoh yang membahayakan kesehatan. Dan, cobalah berbicara dengan pasangan untuk mengolah dan melihat penyebab stres dalam cara pandang berbeda.

Bagaimana bersikap saat pasangan kita dilanda stres?

Langkah pertama adalah mengajaknya bicara. Cobalah mengerti permasalahannya dan berikan dukungan baginya. Lalu cobalah hadir bagi dirinya. Perasaan saling mendukung dengan cara mendengarkan dengan tulus akan membantu dirinya tenang. Kemudian membuat waktu untuk membangun suasana yang positif berdua juga mampu membantu mengurangi stres. Misal dengan makan malam dan berbagi kenangan indah bersama. (kc)

Stres Picu Keretakan Hubungan dengan Pasangan

Senin, 30/10/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.