Jana Wafat karena Kanker


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 bulan yang lalu     396 kali
img Jana Novotna

BRNO - Kabar duka datang dari komunitas tenis dunia. Asosiasi Tenis Wanita (WTA) mengumumkan juara tunggal putri Grand Slam Wimbledon 1998 asal Republik Ceska, Jana Novotna tutup usia Minggu (19/11) waktu setempat.

Novotna meninggal dunia di kota kelahirannya, Brno, karena penyakit kanker. Dia wafat dalam usia 49 tahun. “Jana merupakan sosok yang telah menginspirasi banyak orang. Namanya akan terus tercatat dalam buku sejarah WTA,” kata CEO WTA, Steve Simon, seperti dikutip dari The Guardian.

Novotna bintang tenis dunia pada era 1990-an. Selama 14 tahun berkarier sebagai petenis profesional, Novotna memenangi 24 titel tunggal dan 76 gelar ganda. Novotna merupakan pemain nomor 1 dunia ganda putri pada 1990 dan pernah menjadi petenis ranking 2 dunia tunggal pada 1997. Dia masuk International Tennis Hall of Fame pada 2005. Sepanjang karier, Novotna mengoleksi 17 titel grand slam, mayoritas berasal dari ganda putri (12 gelar) dan ganda campuran (4). Novotna hanya sekali menjadi juara tunggal putri grand slam, yakni di Wimbledon, pada 1998. Dia baru berhasil jadi juara pada kesempatan ketiga berlaga di final.

Novotna pertama kali masuk final Wimbledon pada 1993. Namun, dia kalah dari Steffi Graf (Jerman). Pemandangan Novotna menangis dan dihibur Duchess of Kent, Katharine, setelah kalah dari Graf menjadi salah satu momen paling iconic sepanjang sejarah Wimbledon. (vnc)


baca LAINNYA