Jumat, 19/01/2018

5 Latihan Aneh untuk Asah Otak

Jumat, 19/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

5 Latihan Aneh untuk Asah Otak

Jumat, 19/01/2018

SERING merasa susah dalam menghafal sesuatu? Atau suka lupa terhadap hal-hal kecil? Jika ya, itu tandanya ada yang salah pada sistem kerja otak Anda dalam hal mengingat.

Tapi, tenang! Jika Anda merasa demikian, ternyata ada beberapa latihan otak yang bisa membantu otak Anda agar mencegah kehilangan ingatan dan mempertajam pikiran meski dengan cara yang cukup aneh. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini, sebagaimana telah dilansir dari Reader’s Digest, Jumat (19/01).

1. Sikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Jika Anda biasa menyikat gigi dengan menggunakan tangan kanan, maka cobalah sekali-kali memakai tangan kiri. Atau, begitu juga sebaliknya. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan sisi berlawanan dari otak Anda dapat menghasilkan ekspansi yang cepat dan substansial pada bagian korteks yang mengendalikan dan memproses informasi sentuhan dari tangan. Dan jangan lupa untuk membuka tabung dan mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi dengan tangan terbalik juga.

2. Mandi dengan mata tertutup

Gunakan indra peraba Anda. Tutup mata Anda dan biarkan tangan Anda yang merasakan tekstur yang bervariasi dari tubuh Anda sendiri. Sentuhan tangan itulah yang akan mengirim pesan ke otak Anda. Begitu juga saat menyalakan keran. Cukup Anda rasakan.

3. Susun benda dengan kondisi terbalik

Susunlah beberapa benda yang sudah familiar dengan otak Anda. Sebab, saat Anda melihat hal-hal yang benar, otak kiri “verbal” Anda dengan cepat memberi label dan mengalihkan perhatian Anda ke tempat lain. Namun, ketika mereka diletakkan terbalik, otak kanan Anda akan mencoba menafsirkan bentuk, warna, dan hubungan dari gambar yang membingungkan tersebut. Barang-barang itu bisa berupa foto keluarga, jam meja kerja, kalender, dan sebagainya.

4. Enduslah aroma sesuatu

Anda mungkin tidak ingat kapan Anda belajar menghafal bau kopi untuk kali pertama. Namun, cara seperti itulah yang dipercaya dapat meningkatkan ingatan. Maka dari itu, hiruplah aroma seperti citrus, vanila, atau peppermint ke suatu aktivitas Anda untuk mengingatkan jalur saraf baru.

5. Ganti rute lari pagi Anda

Penuhi aktivitas Anda dengan sarapan pagi dan berolahraga lari pagi. Juga, yang perlu diingat ialah ganti rute lari Anda setiap pagi, sehingga rute Anda selalu baru dan tidak itu-itu lagi. Sebuah studi menunjukkan bahwa sesuatu hal yang baru dapat meningkatkan aktivitas otak di beberapa area. Aktivitas ini akan menurun saat hal tersebut menjadi rutin. (okz)

5 Latihan Aneh untuk Asah Otak

Jumat, 19/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.