Rabu, 02/08/2017

Batas Aman Merokok Itu Tidak Ada

Rabu, 02/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Batas Aman Merokok Itu Tidak Ada

Rabu, 02/08/2017

Banyak orang mengira bahwa merokok sebatang sehari masih cukup aman untuk kesehatan. Padahal penelitian terbaru menyebutkan batas aman merokok itu tidak ada.

Menurut studi dari National Care Institute, orang yang hanya merokok satu batang rokok setiap hari masih memiliki resiko kematian dini lebih tinggi daripada orang yang tidak  merokok sama sekali. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada tingkat merokok yang aman.

Dalam penelitian yang melibatkan 290.215 orang dewasa usia 59 sampai 82 tahun, para responden diminta menjawab pertanyaan soal berapa rokok yang mereka hisap selama periode yang berbeda sepanjang hidup. Peneliti kemudian memonitor para peserta selama rata-rata 6,6 tahun.

Mereka yang merokok 1 sampai 10 batang rokok sehari memiliki resiko kematian dini lebih tinggi 87 persen dibandingkan orang yang tidak merokok. Sementara bagi orang yang berhenti merokok, resiko kematian dini itu turun dibandingkan ketika masih merokok. Dan di antara orang yang berhenti merokok, mereka yang lebih dulu berhenti, lebih rendah pula resikonya.

Mereka yang merokok 1 sampai 10 batang rokok sehari 12 kali berisiko meninggal akibat kanker paru-paru dibanding orang-orang yang tidak pernah merokok, ditambah risiko kematian yang jauh lebih tinggi akibat penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Menurut Cliff Douglas, Wakil Presiden untuk Pengendalian Tembakau Amerika Serikat dan Direktur Pusat Pengendalian Tembakau Masyarakat, perbedaan antara tidak merokok sama sekali dan merokok dalam frekuensi sedikit, cukup dramatis.

“Mungkin Anda merasa aman saja merokok beberapa batang rokok setiap hari karena Anda tidak tahu risikonya. Padahal risiko kanker dan penyakit lain yang mengancam jiwa masih mengintai, meski merokok dengan ‘intensitas rendah’.” (kcm)

Batas Aman Merokok Itu Tidak Ada

Rabu, 02/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.