Senin, 28/08/2017

Setelah Usia 30, Pria Lebih Sulit Tidur Lelap

Senin, 28/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Setelah Usia 30, Pria Lebih Sulit Tidur Lelap

Senin, 28/08/2017

logo

Ada banyak alasan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, seperti mengurangi risiko penyakit berbahaya, memori otak yang lebih baik, emosi stabil, tingkatkan kemampuan berlari, hingga menjaga tingkat kesuburan di usia yang kian bertambah.

Namun, ada banyak alasan “menyenang-kan” untuk menunda tidur di penghujung hari, misalnya bermain game, media sosial, hingga menonton siaran sport favorit. Padahal, “kesenangan” itu justru dapat mengurangi waktu tidur, sehingga kesempatan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pun ikut berkurang, ungkap penelitian dalam jurnal Neuron.

Temuan tersebut melaporkan setelah usia 30, otak pria mulai menua, yang pada akhirnya menyebabkan kualitas tidur seseorang menurun drastis. “Bagian otak yang menua paling awal adalah bagian yang memberi kita tidur lelap berkualitas, sehingga pria perlu berusaha lebih untuk mendapatkan tidur yang baik,” kata penulis utama Bryce Mander dalam siaran pers University of California di Berkeley.

“Ketika pria melewati usia 30, persentase tidur non-REM dapat turun hingga 50 persen, serta 25 persen untuk wanita. Bila Anda memiliki tidur berkualitas (non-REM) yang sedikit, kemampuan memori otak menjadi lebih buruk, sehingga jangan heran bila Anda kerap melupakan banyak hal, atau sulit untuk mengingat sesuatu,” kata Mander.

Untuk mendapatkan tidur berkualitas lebih banyak, satu-satunya cara ialah tidak menunda tidur dan tidur dalam durasi yang cukup, yaitu 7 jam semalam. Jadi, bila besok Anda harus bangun pukul 5 pagi, maka malam ini baiknya Anda mulai berusaha tidur paling lambat pukul 10 malam. (kcm)

Setelah Usia 30, Pria Lebih Sulit Tidur Lelap

Senin, 28/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.