Selasa, 29/08/2017

Makan Siang di Meja Kerja Menyebabkan Sembelit Kronis

Selasa, 29/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Makan Siang di Meja Kerja Menyebabkan Sembelit Kronis

Selasa, 29/08/2017

logo

BUANG air besar normalnya dilakukan di pagi hari setiap harinya. Namun ada hal-hal tertentu yang membuat seseorang sulit buang air besar, sembelit salah satunya. Bila Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, maka dapat dikatakan Anda mengalami sembelit kronis.  Penyebab sembelit bisa bermacam-macam. 

Dilansir dari Metro, Senin (28/8/2017), inilah beberapa kegiatan yang tanpa sadar sering Anda lakukan dan menyebabkan sembelit

Pola makan yang buruk 

Banyaknya restoran cepat saji yang berasal dari budaya Barat membuat sebagian dari kita lebih senang mengonsumsi makanan yang disediakan mereka. Padahal, makanan Barat mengandung lemak dan gula yang tinggi. Makanan itu juga cenderung kandungan seratnya rendah. Selain makanan barat, tren nongkrong di warung kopi juga bisa menjadi pemicu sembelit. Kafein membuat sistem pencernaan berjalan lambat sehingga kotoran sulit dikeluarkan. 

Melewatkan jam makan 

Seringkali karena tuntutan pekerjaan membuat kita lebih memilih menahan rasa lapar dibanding meluangkan waktu sejenak untuk makan. Padahal, usus dapat bekerja dengan baik bila menerima asupan secara teratur. Bila hal itu berlangsung dalam jangka panjang, sistem pencernaan akan mengalami perubahan yang berakibat pada sembelit. 

Makan di meja kerja 

Kebalikan dari melewatkan jam makan, kebanyakan orang lebih memilih makan di meja makan mereka agar bisa sambil mengerjakan tugas. Bila Anda sudah selesai makan dan tetap duduk di meja kerja, hal itu akan menekan usus sehingga mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, usus yang tertekan bisa menyebabkan kram, perut kembung, dan sembelit. 

Obat-obatan 

Beberapa obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antasida, dan penghilang rasa sakit seringkali memiliki efek samping yang membuat perut menjadi tersumbat. 

Depresi dan kecemasan 

Kesehatan mental dan kesehatan usus memang saling berkaitan. Saat seseorang merasa stres, darah akan dialirkan menjauh dari usus dan dialirkan ke otot lain. Hal itu membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. 

Menahan buang air besar 

Kebanyakan perempuan biasanya malu untuk buang air besar di toilet umum bila di dalamnya banyak orang. Mereka takut aroma yang dikeluarkan mengganggu orang di sekitar. (okz)

Makan Siang di Meja Kerja Menyebabkan Sembelit Kronis

Selasa, 29/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.