Senin, 11/09/2017

Sebelum Resign, Pikirkan Dulu Untung-Ruginya

Senin, 11/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sebelum Resign, Pikirkan Dulu Untung-Ruginya

Senin, 11/09/2017

logo

Alasan seseorang buka bisnis walau berstatus karyawan dengan gaji tetap adalah karena penghasilan. Bisa jadi penghasilan bulanan sebagai karyawan nggak cukup.

Ketika mulai berbisnis, tentunya kamu berkomitmen dengan diri sendiri untuk membesarkan bisnismu. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah haruskah keluar dari pekerjaan untuk memulai bisnis pribadi? Atau menjalankan keduanya dengan seimbang?

Simak dulu masing-masing keuntungan dari kedua metode bisnis ini.

Keuntungan

Bisnis sambil bekerja

Berbisnis tentunya datang dengan risiko ketidakpastian. Sebaik apa pun kamu dalam merencanakan bisnis, pasti ada peluang untuk gagal. Bisa karena ketidaksiapan pasar, kesalahan teknis, ataupun kondisi di lapangan yang gak sesuai ekspektasi.

Dengan berbisnis sambil bekerja, kamu gak akan kehilangan penghasilan bulanan. Kan masih digaji oleh perusahaan tempatmu bekerja. Jadi ketika bisnis sedang sulit dan omzet gak ada, kamu masih bisa hidup dari gaji bulananmu sebagai karyawan.

Selain itu, kalau memang kamu butuh tambahan modal untuk bisnis, kamu bisa menabung dari gaji bulanan. Gak perlu khawatir mencari pinjaman dana, kecuali kalau kepepet.

Fokus berbisnis

Sebagian dari kamu pasti ada yang memutuskan untuk resign dan fokus berbisnis. Bila perhitunganmu sudah mantap, maka keputusan ini sangat tepat. Kamu punya banyak waktu untuk mengembangkan bisnis dengan maksimal. Dan pastinya, waktu istirahat dan kumpul bersama keluarga juga lebih banyak.

Akan lebih baik lagi jika kamu berhasil mengembangkan usahamu dan mempekerjakan lebih banyak orang untuk bisnismu. Itu sama saja dengan membantu pemerintah mengurangi pengangguran.

Kerugian

Bisnis Sambil Kerja

Ketika kamu tanda tangan kontrak kerja, artinya kamu berkomitmen untuk menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas. Bahkan gak jarang perusahaan melarang karyawan berbisnis dengan alasan untuk fokus sama pekerjaan utama.

Jika dihadapkan dengan realita seperti ini, faktor waktu menjadi isu utama. Tentunya kamu akan butuh banyak waktu untuk membesarkan bisnismu. Dan ini harus dibagi secara bijak dengan waktumu sebagai pekerja kantoran.

Intinya, kamu harus berkorban waktu kalau mau menjalankan bisnis sambil kerja. Belum lagi kalau kerjaan lagi padat dan orderan menumpuk, baru terasa pusingnya deh mau urus yang mana.

Di satu sisi, ketika kamu mengecewakan pelangganmu, itu akan menimbulkan dampak buruk bagi kelangsungan bisnis. Di sisi lain, kalau terlalu fokus berbisnis dan melalaikan pekerjaan sebagai karyawan, sudah pasti kena tegur atasan.

Konsekuensinya, bisnismu pun terancam sulit berkembang karena prioritasmu tetaplah bekerja sebagai karyawan, bukan menjadi pengusaha atau entrepreneur.

Fokus berbisnis

Ketika bisnis lagi sulit, kamu harus peras otak untuk cari jalan keluar. Mungkin pinjam duit solusinya. Dan setelah meminjam duit, kamu harus pikirkan lagi bagaimana cara menyicilnya tiap bulan. Kamu juga harus perhitungkan berapa keuntungan yang harus kamu dapatkan buat membayar cicilan utang.

Kalau di dunia kerja, kamu mungkin berhadapan sama yang namanya atasan, rekan kerja, dan laporan. Kalau berbisnis, yang kamu hadapi adalah pelanggan dan angka total penghasilan dan keuntungan.

Analisa dan skill berhitungmu akan jadi taruhan ketika fokus berbisnis. Salah berhitung bisa fatal akibatnya. Bila kamu adalah pebisnis pemula, ada baiknya bisnis sambil kerja. Karena kamu masih harus banyak belajar soal bisnis. Ketika bisnismu sudah mulai mengalami perkembangan yang baik, dan pendapatan dari bisnis sama dengan dua bulan gajimu sebagai karyawan, langsung resign saja. Fokuslah dalam berbisnis demi masa depan yang baik.(sc)

Sebelum Resign, Pikirkan Dulu Untung-Ruginya

Senin, 11/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.