Dipublish: 9 Juni 2013, 21:52

Pansus LKPJ Akhir Masa Jabatan dan APBD Beri Rekomendasi

PENAJAM – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Kepala Daerah Kabupaten PPU periode tahun 2008 – 2013 dan LKPJ pengunaan  APBD Kabupaten PPU tahun anggaran 2012, Rabu (5/6) lalu, memberikan rekomendasi kepada pemerintah. Namun, rapat paripurna yang dimpipin Ketua DPRD PPU H Nanang Ali SE itu secera umum menerima LKPJ.
Pada kesempatan itu, dalam kesimpulan Pansus II LKPJ APBD PPU tahun 2012 yang dibacakan juru bicara Pansus, Wakidi mengatakan, pada umumnya LKPJ di masa jabatan bupati berjalan dengan baik dan dapat diterima. Namun, tahun-tahun  kedepan pemerintah bisa memperbaiki yang kurang lebih meningkatkan lagi.
Ia membeberkan, pada urusan pendidikan dan olahraga dengan alokasi dana yang dianggaran untuk Disdikpora sebesar Rp369 miliar lebih, terealisasi sebesar Rp316 miliar atau 86 persen. Terjadi perbedaan penyajian data yang disampaikan dalam pidato bupati dengan hasil pembahasan pansus LKPJ dengan Disdikpora sebesar Rp60 miliar lebih. Dari Rp308 miliar lebih menjadi Rp369 dan terdapat perbedaan penyajian data realisasi sebesar Rp228 miliar lebih. Kemudian dari serapan Rp141 milar lebih atau 45 persen lebih menjadi Rp316 miliar atau 86 persen lebih.
DPRD Merekomendasikan supaya SKPD lebih perhatian terhadap LKPJ akhir tahun, sehingga dapat memberikan data yang valid dan meminta membuat perencanaan ke depan harus lebih baik dan realistik.
“Beberapa kegiatan yang didanai DAK harus dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat supaya kegiatan dapat dijalankan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kedepan, Disdikpora diharapkan lebih fokus terhadap peningkatan mutu dan kualitas Sumber Daya Pendidikan, sedangkan untuk  urusan fisik atau pembangunan sarana pendidikan dilimpahkan ke Dinas PU,”pintanya.
Pada urusan kesehatan, lanjutnya, dari alokasi dana Rp82 miliar lebih dan realisasi Rp62 miliar lebih  atau 76.31 persen, terdapat selisih Rp30 miliar lebih dari realisasi yang disampaikan dalam pidato pengantar LKPJ. Terdapat perbedaan data yang disampaikan kepada Pansus LKPJ khususnya serapan atau realisasi anggaran. Realisasi anggaran tersebut diatas sebesar Rp62 miliar lebih dari keseluruhan anggaran sebesar Rp82 miliar lebih atau serapan 76.31 persen adalah data yang diperoleh pada saat hearing yang dilaksanakan pada tanggal 04 Juni 2013.
Bupati PPU Andi Harahap saat menyampaikan pidatonya, mengucapkan terima kasih karena DPRD telah menyetuji LKPJ yang disampaikan pemerintah dan apa yang menjadi rekomendasi tersebut bisa diperbaiki tahun depan.  “Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPRD PPU karena selama ini menjadi mitra pemerintah dalam memajukan kabupaten ini,” pungkasnya. (adv/nav)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger