Published On: Jum, Mei 10th, 2013

Panwaslu Hanya Diberi Daftar Nama Caleg

TANA PASER – Panitia Pengawas Pemilu  (Panwaslu) Kabupaten Paser meminta Komisi Pemilihan Umum(KPU) Paser untuk lebih terbuka dan responsif. Khususnya dalam memenuhi permintaan atau memberi salinan kelengkapan berkas Daftar Calon Sementara (DCS), yang diserahkan ke KPU untuk verifikasi. Sehingga tercipta proses Pemilu berkualitas yang diikuti 12 Parpol (Partai Politik).
Ketua Panwaslu Paser, Muhammad Ali mengakui, hingga saat ini pihaknya hanya menerima salinan DCS 12 Parpol peserta Pemilu di Paser. Sementara salinan kelengkapan berkas DCS caleg seperti ijazah dan berkas lainnya belum diserahkan. Padahal untuk memperoleh hasil verifikasi yang baik, sebagaimana aturan berlaku, diperlukan keseriusan dan ekstra kerja keras mencermati dan meneliti persyaratan administrasi DCS yang kini mencapai 384 caleg.
Terlebih saat ini memasuki tahap perbaikan berkas. Sangat diharapkan ada sinergisitas antar pernyelenggara Pemilu. Agar kelemahan dan potensi kecurangan, bisa diminimalisir.
“Bagaimana bisa mengawasi proses penetapan DCS dengan maksimal, kalau kami hanya diberi berkas daftar nama-nama caleg. Sementara salinan kelengkapan berkas administrasi caleg hingga saat ini belum kami terima. Padahal terkait tahapan ini, kami telah menerima dua laporan adanya indikasi calon peserta pemilu yang cacat administratif dan atau tidak memenuhi kriteria persyaratan,” tegas Ali pada Koran Kaltim Kamis (9/5), di ruang kerjanya.
Ali yang juga Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia Paser ini mengatakan, dalam satu atau dua hari ini Panwaslu akan kembali menyurati KPU Paser. Terkait belum dilampirkannya berkas salinan kelengkapan administrasi caleg yang ada dalam DCS. Mengingat ada dua persyaratan administrasi yang menjadi perhatian, yakni administrasi persyaratan parpol dan persyaratan individual.
Untuk diketahui, KPU akan memverifikasi bakal caleg tahap satu selama 14 hari. Yakni 23 April-8 Mei 2013. Antara lain memverifikasi berkas yang diserahkan parpol. Setelah hasil verifikasi tahap satu diumumkan, KPU memberi kesempatan kepada Parpol untuk memperbaiki, menyempurnakan, mengubah, atau menambah daftar calegnya selama sepekan, yakni 9-22 Mei 2013. Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi tahap dua yang dimulai 23 Mei 2013, selama dua pekan. Kemudian KPU menetapkan DCS pada 12 Juni 2013 dan DCS ditetapkan menjadi Daftar Caleg Tetap (DCT). (san)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web