Pasang 100 Tiang, PLN Padamkan Listrik Diluar Jadwal


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:00:45
TANJUNG REDEB - Pelayanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kabupaten Berau dikeluhkan warga karena kerap melakukan pemadaman di luar jadwal. Kekesalan terlontar dari warga kawasan Teluk Bayur dan sekitarnya kesal karena kebijakan sepihak PLN yang sangat merugikan pelanggan.

Ina, warga Kampung Pegat Pukur mengatakan sudah dua hari bela-kangan pemadaman terus dilakukan PLN sejak pukul 10.00-16.00 Wita. Padahal waktu itu diluar dari jadwal pemadaman. Akibatnya, barang-barang elektronik miliknya tidak berfungsi, dan juga usaha nya mengalami kemunduran.

"Ya jelas jengkel lah mas, lah orang mau setrika baju tiba-tiba padam, saya yang dimarahi pelanggan saya kalau begini terus," ungkap-nya, Kamis (6/10) kemarin.

Ina tidak mengetahui pasti penyebab pemadaman ini. Dari jadwal pemadaman, hanya Sabtu dan Minggu saja. "Saya tidak tahu apa penyebabnya, dari jadwal yang saya lihat ya hanya Sabtu dan Minggu saja (pemadaman)," ujarnya lagi.

Terpisah, Manajer PLN Rayon Tanjung Redeb, Mufid Arianto membenarkan adanya pemadaman di luar jadwal karena ada pemeliharaan boiler di kawasan Teluk Bayur, Pegat Pukur, dan juga Seduung. Alasan pemadaman menurut dia karena PLN tengah memasang tiang listrik baru sebanyak 100 unit sepanjang Tangap hingga Jalan Stasiun, Kecamatan Teluk Bayur.

"Iya benar, memang ada pemadaman di luar jadwal, karena kami ada pemasangan tiang listrik baru Disana," ujarnya.

Tiang listrik yang dipasang sebelum-nya hanya 9 meter saja, kini tingginya mencapai 13 meter untuk menghindari pohon tumbang, alat berat yang melintas serta hewan liar yang kerap memutus kabel listrik.

"Hal ini untuk keandalan sistem kita kedepannya juga, kan masyarakat juga yang jadi korban apabila ada hewan yang tersangkut kabel atau tersangkut alat berat yang menyebabkan kabel putus," pungkasnya. (mh216)

baca LAINNYA