Rabu, 03/01/2018

Speedboat Nahas di Bulungan, Kapasitasnya Cuma 45 Orang

Rabu, 03/01/2018

SPEEDBOAT yang nahas di perairan Sungai Kahayan.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Speedboat Nahas di Bulungan, Kapasitasnya Cuma 45 Orang

Rabu, 03/01/2018

logo

SPEEDBOAT yang nahas di perairan Sungai Kahayan.

BULUNGAN - Kepolisian bergerak cepat menyelidiki penyebab speedboat Anugrah Express terbalik di Sungai Kahayan, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Motoris Amir dan 2 ABK, sudah diamankan polisi. Belakangan diketahui, kapasitas speedboat hanya 45 orang penumpang.

Amir dan 2 ABK-nya masih dimintai keterangan di Mapolres Bulungan. Dugaannya, mengarah kepada over kapasitas, pasca speedboat menabrak batang pohon yang larut di sungai.

“Dari hasil penyelidikan, kapasitasnya memang hanya 45 penumpang, tapi diisi 53 orang. Itu termasuk penumpang anak-anak, juga nakhoda dan ABK-nya,” kata Kapolres Bulungan AKBP Muhammad Fachry, dilansir merdeka.com, Selasa (2/1).

Menurut Fachry, dalam waktu dekat, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan penyelidikan. Terbuka potensi adanya dugaan kelalaian.

“KNKT akan melakukan penyelidikan, karena ini soal keselamatan transportasi. Kalau dugaan kelalaian (kelebihan muatan) mungkin ya, dan unsur pidananya akan kita kenakan,” ujar Fachry.

Delapan penumpang tewas dalam peristiwa itu. Fachry kembali menegaskan, sebelum terbalik, speedboat terlebih dulu menabrak batang pohon, hingga oleng dan tenggelam.

Dia juga menjelaskan, sebelum kejadian, kepolisian terus mengingatkan penumpang agar tidak memaksa naik ke perahu, apabila memang speedboat terisi penuh. “Ini mesti diatensi semua pihak, keselamatan itu yang utama,” ucap Fachry.

Pencarian tim SAR gabungan yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita pagi tadi, menyisakan pencarian 1 orang korban anak-anak. “Korban anak ini atas nama Fikri,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kaltim-Kaltara Gusti Anwar Mulyadi.

Diketahui, speedboat dari Tanjung Selor Bulungan, Kalimantan Utara, tujuan Tarakan bergerak Senin (1/1) pagi sekitar 08.15 Wita. Kurang 30 menit kemudian, usai menabrak batang pohon di sungai, speedboat terbalik. Tim SAR yang memang siaga di dermaga, bergegas memberikan pertolongan, dibantu masyarakat. (mdk)

Speedboat Nahas di Bulungan, Kapasitasnya Cuma 45 Orang

Rabu, 03/01/2018

SPEEDBOAT yang nahas di perairan Sungai Kahayan.

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.