Senin, 21/08/2017

Modal Airsoft Gun, Polisi Palsu Curi Motor

Senin, 21/08/2017

ILUSTRASI pencuri motor beserta motor curiannya. (HO/TEMPO.CO)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Modal Airsoft Gun, Polisi Palsu Curi Motor

Senin, 21/08/2017

logo

ILUSTRASI pencuri motor beserta motor curiannya. (HO/TEMPO.CO)

SURABAYA - MA (23) sudah setahun ini menjadi polisi gadungan. Pelaku membawa lari belasan sepeda motor dari 14 warga yang menjadi korban penipuannya. Pelaku akhirnya berhasil ditangkap Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

“Pelaku berinisial MA, usia 23 tahun, warga Kalidami Surabaya, kami tangkap di depan apartemen tempat tinggalnya di Jalan Manyar Pumpungan Surabaya belum lama ini,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Leonard Sinambela kepada wartawan di Surabaya, Minggu (20/8). Dikutip dari Antara.

Polisi menyita barang bukti berupa dua pucuk senjata airsoft gun, sebuah lencana penyidik Kepolisian Republik Indonesia, celana panjang taktikal dan jaket warna abu-abu yang biasa dikenakan petugas polisi.

“Puluhan kartu SIM serta tiga unit telepon seluler yang digunakan pelaku saat menghubungi para korbannya juga kami amankan sebagai barang bukti,” ujar Lenoard.

Dia mengatakan MA selalu menyasar para korban yang menjual sepeda motor melalui online (daring). Selanjutnya, menghubunginya melalui ponsel dan kemudian janjian bertemu untuk bertransaksi secara langsung, sekaligus melihat kondisi sepeda motor yang diiklankan.

“Modusnya, ketika sudah bertemu dengan penjual, pelaku pura-pura menjatuhkan senjata airsoft gun, lalu mengaku dirinya sebagai polisi yang bertugas di BNN. Itu untuk meyakinkan calon korbannya kalau dia adalah seorang polisi, sekaligus menjatuhkan mental calon korbannya,” ucap Leonard.

Sehingga, saat pelaku menyatakan ingin mencoba sepeda motor yang sedang ditransaksikan, korban percaya begitu saja. “Belakangan baru menyadari telah menjadi korban penipuan setelah sepeda motornya tidak pernah kembali,” katanya.

Pengembangan penyelidikan, polisi berhasil menangkap tiga orang pelaku lain yang menjadi penadah, hasil kerja MA tersebut, masing-masing berinisial AJI (33), DR (34), dan SH (24), ketiganya warga Sampang, Madura, Jawa Timur.

Dari ketiga penadah tersebut, polisi mengamankan lima unit sepeda motor. “Ada seorang penadah lagi yang masih buron, yaitu berinisial MK, hingga kini masih kami kejar,” katanya. (mdk)

Modal Airsoft Gun, Polisi Palsu Curi Motor

Senin, 21/08/2017

ILUSTRASI pencuri motor beserta motor curiannya. (HO/TEMPO.CO)

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.