Jumat, 03/11/2017

60 Modul Raib, Sinyal 4G Ambruk

Jumat, 03/11/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

60 Modul Raib, Sinyal 4G Ambruk

Jumat, 03/11/2017

logo

ILUSTRASI

BALIKPAPAN - Enam puluh modul baseband 4G milik salah satu operator selular, di Balikpapan, raib. Hilangnya modul itu, diduga mengakibatkan belakangan ini, sinyal 4G sempat down. Manajemen operator pun melapor ke Polres Balikpapan. 

Dari laporan itu, polisi bergerak melakukan penyelidikan. Akhirnya, meringkus Ardine Mannuela Pangkey (23), Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Ardine, tidak lain adalah karyawan sub kontraktor, yang bekerjasama dengan perusahaan operator selular, yang peralatannya dia curi. Dia memang memiliki akses masuk ke tower.

“Saya punya kunci perangkat, dan saya bisa buka dan pasang perangkat tersebut. Makanya gampang saja. Yang saya ambil hanya perangkat 4G saja,” ujar Ardine, dihadapan petugas.

Pria yang sudah bekerja sejak tahun 2011 itu hanya membutuhkan waktu 10 menit saja, untuk membongkar perangkat yang juga dia pasang sebelumnya. Tidak adanya petugas keamananan di setiap tower, membuat Ardine, semakin leluasa menjalankan aksinya.

“Tidak ada sekuriti, setelah itu saya jual Rp 1,2 juta. Itu pun keluar daerah jualnya. Karena tidak semua orang tahu perangkat itu,” akunya.

Dari pengakuannya, terpaksa mencuri karena terlanjur janji dengan si pemesan. Bahkan, Ardine sudah menerima uang terlebih dulu.

“Sebelumnya teman saya ada yang mau jual dua unit. Pas kebetulan pemesan dari sana, sudah kirim uang untuk barang yang sama. Teman saya ternyata sudah dijual duluan, makanya saya curi itu. Tapi saya cuman ngambil dua unit saja,” kilahnya.

Selain mengamankan tersangka Ardine, polisi juga menangkap Nugroho Murdianto sebagai penadah barang curiannya. “Sudah tiga kali saya membeli. Tapi saya tidak tahu kalau itu barang curian,” kata Anto.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa empat unit perangkat penguat sinyal. Saat ini kasusnya masih terus dikembangkan kepolisian.

Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta mengatakan sejauh ini laporan yang diterima pihak kepolisian, ada sekitar 60 tower yang perangkat penguat sinyalnya dicuri.

 “Perangkat ini yang sempat membuat sinyal menjadi down,” tandas Wiwin. (yud)

60 Modul Raib, Sinyal 4G Ambruk

Jumat, 03/11/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.