Published On: Jum, Mei 17th, 2013

PAW Diberi Tenggat 1 Agustus

Caleg Pindah Parpol dan Belum PAW Sementara Diberi Status Belum Memenuhi Syarat

SAMARINDA – Bakal caleg yang pindah parpol dan belum diganti di DPRD lewat mekanisme pergantian antar waktu (PAW), diberikan batas waktu hingga 1 Agustus 2013. Hal ini sesuai dengan  surat edaran KPU Nomor 315/KPU/V/2013  yang diterima KPU Kaltim dari KPU Pusat perihal temuan hasil verifikasi administrasi pemenuhan syarat pengajuan bakal calon dan syarat bakal calon Anggota DPRD.

Diterangkan oleh Komisioner KPU Kaltim, Jofri, surat edaran tersebut menyatakan bila bakal calon sudah menyampaikan Model BB-4 atau BB-5 atau BB-6 atau Model BB-7. Namun belum menyertakan salinan keputusan pemberhentian dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

“KPU nanti akan memberi keterangan BMS bagi caleg yang belum menyerahkan surat keterangan tersebut sebagai persyaratan pengajuan calon yang bersangkutan,” ujar Jofri.

Namun keterangan BMS tidak menghalangi bakal calon untuk ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Surat keputusan pemberhentian tersebut harus disampaikan paling lambat pada 1 Agusutus ke depan. Jika surat tersebut belum diterbitkan maka bisa diganti dengan surat keterangan dari pimpinan dewan atau sekretaris dewan selambatnya diterima KPU provinsi maupun KPU kabupaten/kota juga pada 1 Agustus mendatang.

”Surat keterangan proses pemberhentian harus diterima KPU Paling lambat 1 Agustus sebelum DPT ditetapkan. Apabila belum menyertakan surat tersebut maka KPU berwenang mencoret calon yang bersangkutan. Dengan konsekuensi mereka yang telah dicoret, Parpol tidak boleh lagi mengganti calon tersebut dengan calon baru,” terang Jofri.

Kalau seandainya parpol mau mengganti nama calonnya karena proses PAW calon yang bersangkutan sulit dikeluarkan atau masih ragu – ragu, KPU  menghimbau kepada Parpol agar lebih baik diselesaikan pada saat perbaikan. Jika perlu secepatnya diganti kalau memang parpol ingin mengganti calon tersebut, jangan sampai menunggu batas akhir. Karena jika sampai pada batas akhir yang bersangkutan tidak melengkapi berkas yang KPU minta, maka sesuai dengan surat edaran dari KPU pusat calon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak bisa digantikan lagi karena telah masuk ke DPT.

“Sebelumnya, memang batas penyerahan surat tersebut kita tunggu sampai 22 Mei nanti, namun ternyata KPU Pusat memberi kelonggaran kepada para calon khususnya bagi anggota dewan yang pindah partai, mereka boleh mengurus surat tersebut sampai 1 agustus mendatang. Kami juga telah memberitahukan informasi tersebut kepada seluruh parpol peserta pemilu, harapannya Parpol jangan terlena akibat diperpanjangnya masa penyerahan Surat tersebut,” tambah Jofri kepada Koran Kaltim. (fac413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web