Breaking News
Home >> Uncategorized >> PDAM Dukung Labanan jadi Kota Mandiri
TINJAU PROGRES :   Direktur PDAM Tirta Segah Berau Adief Mulyadi saat meninjau progres pembangunan penambahan kapasitas IPA Labanan menjadi 100 liter per detik.
TINJAU PROGRES : Direktur PDAM Tirta Segah Berau Adief Mulyadi saat meninjau progres pembangunan penambahan kapasitas IPA Labanan menjadi 100 liter per detik.

PDAM Dukung Labanan jadi Kota Mandiri

TANJUNG REDEB – Kampung Labanan, Kecamatan Teluk Bayur saat ini menjadi salah satu kampung yang terus berkembang pesat. Bahkan dengan perkembangan ini Labanan diprediksi bakal menjadi salah satu kawasan kota mandiri. Mendukung hal tersebut, PDAM pun akan berkontribusi untuk merealisasikan status tersebut.
Upaya yang akan dilakukan PDAM Tirta Segah Berau melalui dukungan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Seperti yang akan diaplikasikan saat ini dengan membenahi jaringan air bersih di sana. Saat ini PDAM Tirta Segah sedang membangun tambahan kapasitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) Labanan menjadi 100 liter per detik. “Semula itu hanya 20 liter per detik, akan kita tambah lagi menjadi 100 liter per detik. Kalau kita lihat di sini sangat potensial untuk perkembangan kota kedepannya. Dan kita akan berupaya memberikan dukungan penuh,” ujar Direktur PDAM Tirta Segah Berau Adief Mulyadi.
Saat ini sendiri progres pembangunan penambahan kapasitas IPA Labanan ini telah mencapai 75 persen dan ditargetkan akhir tahun 2016 sudah rampung. Proyek tersebut menelan anggaran sekitar Rp10 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) masuk dalam paket kegiatan di Kementerian Pekerjaan Umum. “Secara teknis seluruh kebutuhan pengolahan IPA Labanan mulai dari kebutuhan listrik, petugas pegelola, air baku telah terpenuhi. Kita optimis ini dapat berjalan lancar dan pelayanan kepada masyarakat menjadi maksimal,” jelas Adief.
Ditambahkan Adief, dengan kapasitas yang ada saat ini PDAM Tirta Segah telah melayani dua kampung, yakni Labanan Makmur dan Labanan Jaya. Sementara untuk jumlah pelanggan yang dilayani mencapai 600 sambungan rumah. Dengan adanya penambahan kapasitas nantinya bakal memperluas pelayanan dengan target mencapai 1.500 sambungan rumah untuk empat kampung, dengan tambahan Labanan Makarti dan Lamin. “Kalau yang sekarang ini mungkin bisa mengaliri empat kampung tapi kita tidak akan mengambil resiko. Jadi kita minta untuk tambahan lagi kapasitas ini, tentu akan sangat mendukung perkembangan kota kedepannya,” imbuhnya (adv/sam)