Home >> Kutai Kartanegara >> PDAM Perangat Selatan Mangkrak

PDAM Perangat Selatan Mangkrak

TENGGARONG – PDAM di kilometer 73 poros Samarinda-Bontang di Desa Perangat Selatan, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara tidak difungsikan kendati bangunannya telah rampung dikerjakan.
Padahal PDAM ini sangat dibutuhkan sekitar 4.847 jiwa di Desa Perangat Selatan dan Makarti, Kecamatan Marangkayu. PDAM ini sendiri dibangun melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota, Kukar dengan miliaran rupiah.
Camat Marangkayu, Rekson Simanjuntak mengatakan, proyek pembangunan PDAM ini sudah selesai sejak 2013 silam, namun hingga sekarang belum difungsikan. “Kemarin saya sempat turun ke sana untuk menyelesaikan masalah tanah, hanya itu sudah selesai. Saat ini tidak tahu kenapa PDAM itu tidak dimanfaatkan, itu SKPD teknis yang tahu,” Kata Rekson kepada Koran Kaltim, Kamis (1/12).
PDAM ini, kata Rekson, sangat dibutuhkan warga. Saat ini warga Makarti dan Perangat Selatan hanya memanfaatkan air yang dikelola BUMdes setempat, namun distribusi air tidak maksimal karena keterbatasan mesin. Sebagian warga lainnya mengandalkan sumur atau membeli air bersih.
“Kita tidak tahu apa masalahnya kenapa belum difungsikan. Padahal mesin sudah ada, pipa induk juga sudah. Padahal warga Desa Makarti dan Perangat Selatan sangat mengharapkan PDAM itu difungsikan,” keluhnya.
Rekson mengungkapkan, di Perangat Selatan ada sekitar 600 Kepala Keluarga (KK) dengan 2.223 jiwa. Sedangkan di Makarti ada 802 KK atau 2.624 jiwa.
Kepala Dinas Bina Marga, Basri Hasan belum bisa dikonfirmasi. (ami)