Home >> Berau - Kubar >> Peduli Lingkungan, Murid SD Diajak Tanam Pohon

Peduli Lingkungan, Murid SD Diajak Tanam Pohon

SENDAWAR – Sejak 5 tahun terakhir, SDN 002 Sekolaq Darat, Kecamatan Sekolaq Darat, Kutai Barat (Kubar), telah membudayakan menanam pohon di lingkungan sekolah mereka. Diantaranya pohon buah-buahan serta tanaman palawija.
Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI-BMN) 2016, Pemkab Kubar melibatkan ratusan orang dari berbagai elemen hingga anak usia sekolah, dengan menanam ribuan bibit pohon di halaman SDN 002 Sekolaq Darat, Selasa (29/11) lalu.
“Edukasi anak-anak usia sekolah dengan alam, menanam pohon dan penghijauan lingkungan sebagai bekal masa depan. Pegang semboyan rumah kita hutan kita dan hutan kita rumah kita,” kata Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, membacakan sambutan Pemkab Kubar pada acara penanaman pohon itu, didampingi Sekda Aminuddin.
Arkan menjelaskan, kegiatan menanam pohon sebagai bentuk pembelajaran menjaga sistem keseimbangan alam. Hal itu berfungsi untuk kehidupan selanjutnya bagi generasi dan mahkluk alam masa depan.
“Semoga gerakan menanam menjadi kebiasaan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kubar Christianus Benny menerangkan, alasan penanaman pohon tahun ini oleh Pemkab, dilakukan di lingkungan sekolah, lantaran aksi penanaman pohon sebelumnya lebih sering dilakukan di hutan kota.
“Temanya adalah pohon dan hutan rakyat untuk kehidupan kesejahteraan dan sumber devisa negara. Hutan sebagai keseimbangan dasar alam dalam kehidupan manusia,” ujarnya.
Sekedar diketahui, pada 2016 Pemkab Kubar mendapat bantuan sebanyak 10 ribu bibit tanaman dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Mahakam Berau dan juga Dinas Kehutanan Kaltim.(imr)