Published On: Jum, Sep 6th, 2013

Pejabat Balikpapan Ramai-Ramai ke Turki

BALIKPAPAN- Sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Balikpapan, anggota Komisi II DPRD Balikpapan, Kadin dan Dewan Kerajinan Nasinal Daerah Balikpapan  berkunjung ke Turki. Rombongan yang berjumlah sekitar 8 orang itu, dalam rangka menghadiri undangan pemerintah Turki yang menggelar Istambul Halal Expo tanggal 5-8 September 2013.
“Iya  mereka (ke Turki) Dekranasda, Dekranas itu Dewan Kerajinan Nasional Daerah,  biasalah meraka kan di sana  dalam rangka menghadiri expo,” kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi,  Jumat (6/9).
Rizal membantah, rombongan selama di Turki akan memanfaatkan untuk jalan-jalan atau plesiran menikmati keindahan Kota Istambul. Karena mereka tetap melaporkan hasil dari menghadiri kunjungan dan pertemuan di sana.
“Jadi tetap misinya baguslah begitu, tidak ada misi jalan-jalannya karena karena jumlah nya tidak banyak (yang pergi), tidak ada yang jor-joran, misalnya sampai berpuluh-puluh orang, ini cuma beberapa orang begitu,” tandasnya.
Diakuinya, keberangkatan para pejabat Kepala SKPD dan pejabat lainnya, menggunakan dana APBD Kota Balikpapan, hanya saja dia tidak mengetahui berapa dana yang dikeluarkan atas perjalanan. “Dari APBD di kita, tidak tahu (jumlahnya) berapa,” tuturnya.
Menurut Rizal,  rombongan selama di Turki selain menghadiri undangan expo, juga melihat peluang kerjasama antara Pemkot Balikpapan dan Pemerintah Turki terkait investasi. “Supaya bisa lihat ada pasar apa yang di sana, kemudian Turki kan mau ngajak kerjasama begitu,” ucapnya.
Undangan tersebut, kata Rizal, sudah sering dilakukan karena agenda setiap tahun. Bukan hanya di Asia tapi juga di Eropa. Kata Rizal, menghadiri undangan tersebut, juga dilihat cari kepentingan yang akan didapat dari negera tujuan.
“Biasanya Pemerintah Provinsi itu kan menawarkan ada yang expo yang di Belanda, ada yang di Jerman, ada yang di Eropa Timur, ada yang di Asia. Nah dipilih mana yang menarik gitu, disesuaikan masing-masing,” ujarnya.
Apalagi, lanjutnya, di sana rombongan juga bertemu dengan Dewan Perdagangan Turki untuk membicarakan potensi-potensi kerjasama. Termasuk bertemu dengan Konsulat dan Duta besar Indonesia untuk Turki.
“Mereka di sana melihat, kemungkinan apa saja yang bisa dilihat begitu, tidak saja untuk kepentingan Balikpapan tapi Kalimantan Timur. Karena kita ini menjual Kalimantan Timur juga begitu, juga menjajaki peluang-leuang apa  yang bisa,” jelasnya.

Kesempatan yang sama Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Balikpapan Sudirman Djayaleksana menambahkan, rombongan ke Turki dipimpin oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Nining Surtiningsih dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Dortje Marpaung, Kepala Disporabudpar Syaiful Bahri dan Ketua Kadin Balikpapan Rendy Ismail, Dekranasda serta Komisi II DPRD kota.
“Kepala rombongannya BPMP2T, memang kan dianggarkan, untuk menghadiri acara di sana dalam rangka promosi. Promosi kegiatan kita yang ada disini, termasuk ada rencana sister city, termasuk ada pameran UMKM, diundang oleh mereka di sana untuk dipamerkan,” jelasnya.
Sudirman mengatakan, berdasarkan undangan acara berlangsung selama tiga hari, sejak 5 September hingga 8 September. “Saya tidak tahu kapan berangkatnya. Yang jelas acaranya 5 sampai 8 September, mengikuti acara Istambul Halal Expo,” ucapnya.
Ketika ditanya soal anggaran, Sudirman tidak mengetahui jumlah dana yang dihabiskan menghadiri undangan itu. “Saya tidak tahu berapa, tapi memang gunakan APBD Balikpapan, dan juga ada undangan, tidak ada undangan tidak bisa. Mereka tidak ada plesiran habis acara tanggal 8 ya langsung balik,” pungkasnya. (din)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web