Breaking News
Home >> Politik >> Pelantikan Marwan Tertunda SK
Marten Sablon
Marten Sablon

Pelantikan Marwan Tertunda SK

Marten: Tidak Mungkin Persiapan Hanya Sehari

TANJUNG SELOR – Setelah ditetapkan menjadi unsur pimpinan DPRD Kaltara sebagai Wakil Ketua II, Marwansyah yang meng-gantikan Ingkong Ala siap dilantik pada Jumat (7/10). Informasi pelantikan sudah beredar berdasarkan jadwal yang dibuat oleh DPRD.
Namun, Ketua DPRD Kaltara Marten Sablon mengatakan, hingga Rabu (5/10) sore, Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri belum diterima dan ditanda-tangani. Bahkan Pimpinan DPRD menggelar rapat bersama dengan staf untuk acara pemantapan pelantikan tersebut.
“Saya baru selesai rapat dan ternyata informasi dari Kemendagri sampai sore tadi (kemarin, Red.) SK belum keluar. Artinya persiapan tinggal satu hari dan tidak mungkin selesai,” ungkapnya.
Berdasarkan hasil rapat, jika sampai Kamis (6/10) siang SK tersebut belum keluar, maka dapat dipastikan pelantikan kader Hanura tersebut akan tertunda sampai pekan depan. “Kalau memang besok (hari ini, Red.) pagi sampai siang tidak keluar juga, maka acara pelantikan Wakil Ketua II kami tunda sampai hari Jumat (14/10) mendatang,” tegasnya.
Untuk diketahui, kursi Wakil Ketua II sudah sejak lama kosong karena diting-galkan oleh Ingkong Ala yang mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bulungan 2015 lalu. Pada April lalu, DPP Hanura memberikan reko-mendasi kepada Pimpinan DPRD terkait satu nama yang ditunjuk sebagai unsur pimpinan. Sempat ada kendala dimana DPD Hanura Kaltara mereko-mendasikan dua nama.
“Memang sempat kami kembalikan rekomendasi dari DPP karena berbeda nama dengan DPD. Oleh sebab itu kami meminta agar DPP dan DPD menye-pakati satu nama agar tak ada masalah di kemudian hari,” jelasnya.
Kemudian berdasarkan surat dari pihak partai yang diterima Dewan, Marwansyah yang dipilih untuk menduduki kursi pimpinan meng-gantikan Ingkong Ala yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Bulungan.
“Kenapa Marwan yang dipilih itu urusan internal partai. Kami di DPRD hanya menerima dan menetapkan sesuai dengan aturan yang ada. Selanjutnya akan dipersiapkan pelan-tikan terhadap Wakil Ketua II DPRD Kaltara ini,” tegasnya. (zz)