Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Peluang Bagus, PLN Mesti Respons

Peluang Bagus, PLN Mesti Respons

PT KN Mewacanakan Pengoperasian Kembali Pembangkit 2×65 MW

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Muharram menyampaikan wacana terkait pengoperasian pembangkit listrik di PT Kertas Nusantara (KN) yang ada di Kampung Mangkajang, Kecamatan Sambaliung.
Seperti yang pernah diungkapkan, saat pertemuan antara PLN wilayah Kaltim-Kaltara, PT PLN area Berau dengan aliansi masyarakat untuk membahas persoalan listrik, yang digelar oleh Pemkab Berau beberapa waktu lalu.
“Saat kunjungan ke Maroko lalu, saya sempat berbincang dengan pemilik PT KN. Katanya mereka berencana menghidupkan kembali power plant yang ada di Mangkajang,” ujar Muharram.
Menangapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Mapasikkra Mappaseleng mengatakan, ini menjadi peluang yang sangat besar untuk secepatnya direalisasikan. Mengingat, persoalan listrik di Bumi Batiwakkal belum beres sepenuhnya, lantaran saat ini hanya mengharapkan daya yang bersumber dari PLTU Lati sebesar 3×7 MW.
Mappsikra ingin agar peluang ini secepatnya ditangkap oleh PLN. Untuk itu, dia berharap PLN area Berau segera mengambil langkah menindaklanjuti rencana tersebut, salah satunya dengan menambah jaringan milik PLN yang saat ini baru sampai di Kampung Pesayan. Penambahan jaringan oleh PLN area Berau dari Kampung Pesayan pun diperkirakan hanya tersisa 10 Kilometer, menuju pembangkit milik PT KN.
“Ini peluang yang sangat bagus, oleh karenanya PLN harus segera menambah jaringan mereka. Pada saat pembangkitnya beroperasi lagi PLN bisa mendapatkan tambahan daya. Yah persiapan dulu lah sebelum berjalan nantinya,” ujar Mappasikra.
Diungkapkan Mappasikra, ini merupakan peluang yang bakal menjadi salah satu solusi kedepannya. Mengingat, pembangkit milik PT KN ini berkapasitas 2×65 MW. “Mereka itu punya dua mesin, kalau PLN membeli 10 megawatt saja, saya yakin tidak ada lagi namanya pemadaman bergilir,” ujar Mappasikra. (sam)