Home >> Ekonomi kaltim >> Peluang Kecil, Pengusaha Diskusi dengan Gubernur
DIDUKUNG: Ketua Kadin Kaltim, HM Fauzi A Bahtar bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sebuah acara diskusi belum lama ini. Dalam kesempatan itu gubernur memberikan dukungan bagi peningkatan peran pengusaha lokal dalam memajukan ekonomi daerah.
DIDUKUNG: Ketua Kadin Kaltim, HM Fauzi A Bahtar bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sebuah acara diskusi belum lama ini. Dalam kesempatan itu gubernur memberikan dukungan bagi peningkatan peran pengusaha lokal dalam memajukan ekonomi daerah.

Peluang Kecil, Pengusaha Diskusi dengan Gubernur

Digagas Kadin Kaltim, Diikuti 100 Pelaku Usaha dan Asosiasi

SAMARINDA – Kecilnya peluang yang dimiliki pengusaha lokal di Kaltim membuat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kaltim menggagas Forum Diskusi sekaligus silaturahmi dengan Gubernur Awang Faroek Ishak diikuti 100 pelaku usaha dari berbagai asosiasi pengusaha di Kaltim itu dilangsungkan di Jessica Waterpark Pesona Mahakam Samarinda Jumat (23/4) malam pekan lalu.
Ketua Kadin Kaltim HM Fauzi A Bahtar dalam sambutannya mempertegas tujuan digelarnya forum diskusi perdana dengan merangkul seluruh pelaku usaha di berbagai asosiasi di Kaltim itu untuk mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah daerah, khususnya dalam keikutsertaan pelaku usaha dalam ‘Membangun Kaltim untuk Semua’.
“Forum diskusi ini merupakan awal dari upaya Kadin Kaltim
memasilitasi peluang dimiliki pengusaha lokal yang cukup kecil dalam pembangunan. Salah satu alasan digelarnya forum ini untuk membuka peluang lebih besar bagi pengusaha lokal dengan menyesuaikan kompetensi yang dibutuhkan,” ujar Fauzi kepada Koran Kaltim di sela-sela diskusi tersebut.
Karena itu, pertemuan perdana tersebut menjadi lokomotif dalam memaksimalkan peranan pelaku usaha di Kaltim agar tidak menjadi penonton dalam pelaksanaan pembangunan, melainkan turut terlibat dengan mengutamakan daya saing dimiliki dengan pengusaha nasional.
“Peluang yang selama ini dikeluhkan akibat kecilnya kesempatan diberikan kepada pengusaha lokal, sementara gubernur kaltim sangat mendukung dan mensupport pengusaha lokal agar tetap eksis dan
meningkatkan kompetensinya agar sekaim berkembang dan sukses dikancah lokal dan nasional,” terangnya.
Rencananya, forum diskusi serupa akan digelar secara berkelanjutan guna mengakomodir berbagai aspirasi pelaku usaha dari berbagai asosiasi yang dinaungi Kadin Kaltim. Sehingga kebuntuan dihadapi pelaku usaha akibat minimnya komunikasi dapat menemukan solusi terbaik.
“Kami akan menggelar pertemuan dan diskusi lanjutan guna menindaklanjuti hasil diskusi yang dihasilkan dalam pertemuan dengan gubernur. Karena peluang itu sudah dibuka seluas-luasnya oleh gubernur dengan berbagai megaproyek Kaltim yang ada saat ini, seperti proyek pembangunan jalan tol, rel kereta api, bandara samarinda baru, pelabuhan maloy dan investasi di sektor agribisnis lainnya,” tambah Fauzi lagi.
Sementara Gubernur Awang Faroek Ishak menyambut baik forum diskusi digagas Kadin Kaltim guna menghidupkan semangat pengusaha lokal untuk mandiri dan berkiprah dalam pembangunan di daerah. Wadah diskusi dan silaturahmi tersebut menjadi salah satu sarana dalam memecah kebuntuan yang selama ini dihadapi pelaku usaha di Kaltim.
“Kami siap mendukung pelaku usaha di Kaltim agar berperan aktif dalam pembangunan daerah. Tentunya kompetensi yang dimiliki harus sesuai dengan kebutuhan, sehingga geliat pembangunan di Kaltim dirasakan masyarakat Kaltim dan tak membuat pelaku usaha sebagai penonton saja, melainkan berperan sebagai pelaku dalam pembangunan tersebut,” terang Awang Faroek. (ca)