Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Pembesuk Padati Lapas Tenggarong

Pembesuk Padati Lapas Tenggarong


korankaltim
korankaltim
2016-10-10 05:00:27
Kunjungan Serentak di Seluruh Indonesia



TENGGARONG – Ratusan pembesuk memadati Lapas Kelas IIB Tenggarong, Minggu (9/10).

Seluruh Lapas, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LKPA) kemarin memang dibuka seluas-luasnya bagi masyarakat oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam rangka Hari Dharma Karyadhika (HDKD).

Kalapas Tenggarong M Iksan mengatakan, kesempatan itu hanya terjadi sekali dalam setahun. “Makanya harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi warga binaan Lapas Tenggarong. Selain bisa membesuk di hari libur, warga binaan juga diberi waktu yang panjang bersama keluarganya,” kata Ikhsan.

Pantauan di lokasi, para pembesuk sudah memadati ruang tunggu Lapas Tenggarong sejak pukul 07.00 Wita. Pelayanan sendiri baru dibuka pada pukul 09.00 Wita.

Para pembesuk terlibat membawa makanan dan pakaian yang akan diberikan kepada kerabat yang akan mereka temui.

Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan, acara bertema “Sehari Bersama Mereka” itu dilakukan sebagai rangkaian peringatan HDKD yang jatuh pada 30 Oktober 2016. Kegiatan itu diikuti sekitar 100.000 warga binaan di 477.

Menurutnya, kunjungan secara serentak ini berkorelasi dengan upaya reintegrasi sosial narapidana. Keluarga merupakan unsur penting bagi narapidana untuk dapat kembali ke masyarakat.

“Narapidana tidak lagi dianggap sebagai objek. Mereka merupakan subjek yang harus diperlakukan secara adil,” kata Yasonna di Lapas klas IIA Cipinang, Jakarta, Minggu (9/10).

Yasonna menuturkan, dalam rangka mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat, lapas melaksanakan berbagai kegiatan seperti pembuatan lemari, tas, bola, dan sarung tangan softball.

Yasonna berharap, kunjungan dari keluarga dapat memberikan semangat dan introspeksi menjadi manusia baru yang beriman dan bertaqwa.

“Kegiatan ini jangan hanya seremonial, tapi berikan kesempatan kepada narapidana dan keluarga agar tetap intim. Filosofi pemasyarakatan bukan lagi penjeraan, tapi reintegrasi sosial,” ujar Yasonna.

Selain kunjungan serentak, Kemenkumham akan mengirimkan 650 narapidana untuk membantu masyarakat di lokasi banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat.(ind*)

loading...

baca LAINNYA