Pemerintah Bantu Pengembangan Perpustakaan Desa/Kampung

0
128

SAMARINDA – Tahun ini kembali pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) mem-berikan bantuan bagi pengembangan perpustakaan desa/kampung maupun kelurahan melalui dana dekonsentrasi (APBN). Perpustakaan yang dibantu tahun ini berada di sembilan desa/kelurahan yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota di Kaltim.
Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca DPKD Kaltim Sumindar menyebutkan bantuan berupa buku dan rak buku.
“Tahun ini semua kabupaten dan kota kita bantu kecuali Bontang,” kata Sumindar saat mewakili Kepala DPKD Kaltim pada Bimbingan Teknis Calon Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan di Samarinda, Rabu (17/5).
Menurut dia, jumlah perpustakaan desa/kelurahan yang dibantu tahun ini lebih sedikit jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya antara 35 bahkan 70 perpustakaan.
Dijelaskan bahwa bantuan diberikan khusus bagi perpustakaan yang berada di wilayah pinggiran dan belum pernah mendapatkan bantuan buku.
Bantuan dilakukan dalam upaya meningkatkan minat dan kegemaran membaca masyarakat. Di pedesaan terdiri dari buku dengan 500 judul (1.000 eksemplar) dan dua rak buku.
Diharapkan dengan bantuan buku itu selain perpustakaan semakin berkembang karena bertambah koleksi juga mampu menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat pedesaan.
Karenanya, guna mempersiapkan tenaga pengelola yang terampil maka DPKD melaksanakan bimtek yang diikuti calon pengelola perpustakaan desa/kelurahan.
Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari (17-19 Mei) diikuti 24 peserta dari sembilan kabupaten dan kota.
“Peserta bimtek maupun perpustakaan desa/kelurahan ditentukan berdasarkan rekomendasi dinas perpustakaan kabupaten/kota setempat. Kita berharap perpustakaan semakin berkembang karena dikelola secara profesional,” harapnya. (yans/sul/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here