Breaking News
Home >> PEMKAB_KUTAI KARTANEGARA >> Pemerintah Bertekad Meningkatkan Kesejahteraan Guru
SALAM JEMPOL:  Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah berfoto bersama para guru usai apel peringatan Hari Guru Nasional di halaman kantor Bupati Kukar.
SALAM JEMPOL: Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah berfoto bersama para guru usai apel peringatan Hari Guru Nasional di halaman kantor Bupati Kukar.

Pemerintah Bertekad Meningkatkan Kesejahteraan Guru

TENGGARONG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik.
Hal tersebut disampaikan melalui amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah pada apel peringatan Hari Guru Nasional di halaman Kantor Bupati Kukar, Jumat (25/11) lalu.
Ia mengatakan, kepedulian pemerintah itu berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, yaitu dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.
Ke depan, menurut Mendikbud, akan dirumuskan kebijakan agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri.
Dijelaskannya, sejak ditetapkan UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional.
Namun begitu, profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru betul-betul sebagai pekerjaan professional di masa yang akan datang.
Menurutnya, guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Sebab, di tangan para guru, pamong, dan tenaga kependidikan, masa depan bangsa menjadi taruhan. Melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar, akan menentukan masa depan bangsa. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru.
Mendikbud memberikan penghargaan atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. (hmp02)